EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Proses pembelajaran yang baik memerlukan media untuk memudahkan dalam memberikan informasi dan memudahkan peserta didik untuk menerima informasi. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi minat dan motivasi belajar mahasiswa. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya kemampuan dosen dalam penguasaan teknologi yang mengakibatkan kurangnya kreativitas dalam menyusun rancangan pembelajaran dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelatihan pengembangan media pembelajaran bagi dosen di Poltekkes Kemenkes Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah study quasy eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan kelompok yang diberikan intervensi berupa pelatihan pengembangan media pembelajaran. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah 35 responden. Pengolahan data menggunakan uji T test berpasangan. Nilai rata-rata sebelum diberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran 11,94 dan setelah diberikan pelatihan meningkat menjadi 17,31 yang berarti terjadi peningkatan rata-rata skor pengetahuan 5,37 dengan nilai p value= 0,000. Sebelum diberikan pelatihan, mayoritas dosen (46%) mempunyai keterampilan praktik kurang sedangkan setelah diberikan pelatihan, mayoritas dosen (63%) mempunyai keterampilan praktik baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengembangan media pembelajaran efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam menggunakan media pembelajaran. Diharapkan dosen dapat menerapkan pelatihan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.
Rincian Artikel
Referensi
Gunawan, I. K. G. W., Putrayasa, I. B., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Teks Ulasan. Jurnal Keterapian Fisik, 2(2), 1689–1699. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11278
Herayanti, L., Safitri, B. R., Sukroyanti, B. A., & Putrayadi, W. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru-Guru di SDN 1 Ubung dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 1–6. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1552
Jatmoko, D., & Faizun, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 104–113. https://doi.org/DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6495
Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4), 108–113. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish Publisher.
Lisa, J. L., & Ariesta, R. (2019). Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Daring. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, 181–188. https://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/132
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2023). Efektif Artificial Intelligence (AI) dalam Belajar dan Mengajar. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.582
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Ningrum, C. C. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Kaliputih.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurahman, A., & Pribadi, P. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada Media Pembelajaran Berbantuan Google Assistant. Jurnal Genesis Indonesia (JGI), 1(1), 24–32. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.17
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–120. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Padillah, I., Sholih, S., & Naim, M. (2019). Analisis Program Pelatihan Keterampilan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 185–196. https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.40988
Palupi, D. A. P., & Cahjono, M. P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Lingkungan Akademis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 212–222. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p212-222
Prasetya, B. (2022). Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Bandicam dengan Pendekatan Ekspositori. DHABIT: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 74–78. https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/40
Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Methema Journal, 1(1), 15–23. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350/247
Setiawan, B., & Purnomo, E. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran Multimedia dengan Powerpoint dan Wondershare untuk Pengembangan Soft Skills Siswa Bagi Guru SD &TK. WARTA, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.23917/warta.v19i1.1985
Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.v6i3.18070
Somantri, D. W. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Media Modul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 1–11. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/700
Sriwijaya, N., Machdalena, Sriwijaya, Lailatin, M., & Sriwijaya. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. DINAMISIA, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Suhelayanti, Emda, A., Misbah, Oviana, W., & Ilahi, R. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Media dan Asessment Pembelajaran IPAS. Bansigom: Jurnal Kolaboratif Akademika, 1(1), 1–7.
Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M., & Marlyna, D. (2020). Pengembagan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu). Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 127–136. https://journal.untar.ac.id/index.php/JKI/article/view/7195
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261/101751
Wijayanto, G., Rivai, Y., Jusatria, Parta, I. B. M. W., & Archristhea, A. (2023). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Inteligences (AI) Mentimeter bagi Dosen Pemula untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan yang Interaktif dan Inovatif. Journal of Human And Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.328