PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN JENIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada siswa Kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar; 2) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika antara siswa dengan masalah open ended dan masalah close ended pada siswa Kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar; 3) menjelaskan pengaruh interaksi antara model pembelajaran pemecahan masalah dan jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar. Penelitian ini mengunakan desain penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimen yang mengadopsi metode kuantitatif, dengan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi atau persayaratan analisis dan uji hipotesis. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk tes essai. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar yang terdiri dari kelas VIIIA – VIII I pada semester genap tahun pelajaran 2022/ 2023 sejumlah 292 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah randon sampel melalui pengundian untuk menetapakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas VIII F sebagai kelompok kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan Kelas VIII I sebagai kelompok kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah dan model pembelajaran Langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar, dengan nilai signifikansi model pembelajaran adalah 0,007; 2) ada pengaruh jenis masalah Open ended dan Close ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar dengan nilai signifikansi jenis masalah adalah 0,028; 3) ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar dengan nilai signifikansi model pembelajaran dan jenis masalah adalah 0,011.
Rincian Artikel
Referensi
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat Dan Ekonometrika: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 10 (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanto, S. (2017). Belajar Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya Offset.
Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Tes Open EndeD. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 8–11. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2902
Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel Pendahuluan Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dalam memegang peranan pada. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika PowerMathEdu, 1(2), 149–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2227
Kosasih. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Implementasi Kurikulum. Yrama Widia.
Latunconsina, N. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran, Cet. I. Alauddin University Press.
Nuriati, & Amidi. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(1), 579–580. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54692
Obeidat, U., Obeidat, B., Alrowwad, A., Alshurideh, M., Masa’deh, R., & Abuhashesh, M. (2021). The effect of intellectual capital on competitive advantage: The mediating role of innovation. Management Science Letters, 11, 1331–1344. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.11.006
Permendikbud. (2014). Permendikbud No 58/2014: Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kemendikbud.
Putrian, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar Sensing Dan Intuition. MATHEdunesa, 11(2), 513–524. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p513-524
Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Rohman, A. A., Mahmudah, A. M., & Siswanah, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Pada Masalah Open Ended. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 113–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i1.1577
Sampini, S., Mustaji, M., & Harwanto, H. (2021). Problem based learning dan Problem solving Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar Ilmu, 26(1), 79. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31501
Sanjaya, W. (2015). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. IX. Kencana.
Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 552–557. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143
Siswandari, H., Setyani, Y. L., & Nurdianti, D. (2021). Telaah Model Problem Based Learning Bernuansa STEM terhadap Kemampuan Literasi Matematika Menuju PISA 2022 Indonesia diprediksi akan mencapai Sustainable Development Goal ’ s ( SDGs ) di tahun 2030 dengan salah satu Pendidikan berkualitas juga menjadi sal. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (Santika), 586–611. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/314/111
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving”. Jurnal Konseling GUSJIGANG Universitas Muria Kudus, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.73