PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP DAN PELESTARIANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

K.N.L. Glosita
N.K. Suarni
I.M.C. Wibawa

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-modul IPA berbasis THK pada topik siklus hidup makhluk hidup &pelestariannya kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas IV SD Santo Yoseph 1 Denpasar. Pengumpulan data menggunakan instrumen rating scale, kuisioner, dan tes. Hasil uji validitas 2 orang dosen ahli materi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji validitas 2 orang dosen ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Respon kepraktisan produk dari 4 orang guru wali kelas IV SD Santo Yoseph 1 Denpasar, mendapatkan persentase rata rata sebesar 93% dengan kualifikasi sangat praktis. Hasil uji efektivitas produk berdasarkan pemahaman konsep IPA siswa, mendapatkan persentase efektivitas sebesar 86,32% dengan kriteria efektivitas tinggi. Dengan demikian, e-modul IPA berbasis THK pada topik siklus hidup makhluk hidup dan pelestariannya layak diterapkan dalam pembelajaran kelas IV SD.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anderson, L.W. Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. In Pustaka Pelajar.
Bersih, K., & Margunayasa, I. G. (2021). Demonstration-Based Learning Videos on the Topic of Substance Changes in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34689
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish, 1(1).
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Budhianto, B. (2020). Analisis perkembangan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring (e-learning ). Jurnal AgriWidya, 1(1).
Budiasih, N. W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Ajaran Tri Hita Karana. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar ISSN: 2527-5445, 1(nomor 1, April 2017).
Cintang, N., & Fajriyah, K. (2018). Inovasi Mata Kuliah Pembelajaran Tematik Bagi Calon Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Literasi Digital Dan Keterampilan Abad 21. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i1.2401
Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke-21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Lestari, D. H. & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1). https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Dwi, R. (2018). Pengembangan E-Modul Materi Energi dan Perubahannya dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV SD/MI. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). In Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-60-7
Hidayat, N. (2018). Urgensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2)(2).
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3).
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. In Ghala Indonesia.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. In Penerbit Ediide Infografika.
Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jmie (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2). https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75
Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1). https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352
Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300
Minarni, Malik, A., & Fuldiaratman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Dengan 3d Page Flip Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Nugraha, D. M. D. P. (2021). Station Rotation Type Blended Learning Model Against Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690
Nurilatih, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menentukan Perbedaan Pertumbuhan Tanaman melalui Contextual Teaching and Learning (Ctl) pada Siswa SD Negeri Tompokersan 03 Lumajang. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1). https://doi.org/10.36835/au.v1i1.163
Ochoa, S. F., Fortino, G., & Di Fatta, G. (2017). Cyber-physical systems, internet of things and big data. In Future Generation Computer Systems (Vol. 75). https://doi.org/10.1016/j.future.2017.05.040
Permatasari, A. A., Widiana, I. W., & Simamora, A. H. (2020). Tri Hita Karana Oriented Problem Based Learning Improves Natural Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25185
Permendikbud No 22 Tahun 2016. (2016). Revista Brasileira de Ergonomia, 9(August).
Pitana, I. (2010). Tri Hita Karana – The Local Wisdom of the Balinese in Managing Development. https://doi.org/10.1007/978-3-642-10829-7_18
Plumpton, D. (2019). Cyber-physical systems, internet of things, and big data in industry 4.0: Digital manufacturing technologies, business process optimization, and sustainable organizational performance. Economics, Management, and Financial Markets, 14(3). https://doi.org/10.22381/EMFM14320193
Putri, N. K. R. C., Margunayasa, I. G., & Yudiana, I. K. (2021). E-Modul Interaktif Muatan Ipa Pada Subtema 1 Tema 7 Kelas V Semester Genap. Mimbar Pgsd …, 5(2), 175–182. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/33851
Rukaesih, D. (2015). Model Bimbingan Dan Konseling Kecakapan Hidup Untuk Pengembangan Penyesuaian Diri Mahasiswa. Edusentris, 2(3). https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.174
Serevina, V., D. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning ( PBL ) on Heat and Temperature to Improve Student ’ s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3).
Shofiya, S., & Sartika, S. B. (2020). Peran Guru Ipa Smp Sebagai Fasilitator Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia , 3(2).
Sintawati, N. P., & Margunayasa, I. G. (2021). Science Interactive E-Module on Sub-Theme 1 Theme 6 in Fifth Grade Elementary School. International Journal of ….
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3). https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Sudiana, I. M., & Sudirgayana, I. G. (2015). Integrasi Kearifan Lokal Bali dalam Buku Ajar Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bali, 5(1).
Sudira, P. (2014). Pendidikan teknologi dan kejuruan spirit Tri Hita Karana. In Naskah Artikel Buku Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit THK.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).
Wulandari. (2014). Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran IPA Tema 7 Kelas VI SD. Https://Repo.Undiksha.Ac.Id/6403/, 564, 1–73.