PENGUKURAN VALIDITAS LKPD IPA BERORIENTASI TRI HITA KARANA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berorientasi Tri Hita Karana dan mengukur validitas dari produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengukuran vaiiditas mencakup validitas expert dan dan empirik. Validitas expert dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Product Moment untuk validitas empirik. Validitas diukur dengan menggunakan uji expert sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga orang dosen expert dan dua orang guru sebagai praktisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD IPA berorientasi Tri Hita Karana ada pada kategori valid engan nilai CVR 1 dan nilai CVI 1. Validitas empirik dinilai oleh sepuluh orang guru kelas V sekolah Dasar yang merupakan praktisi. Validitas empirik menunjukkan hasil valid melalui analisis korelasi product moment, nilai tiap butir pernyataan rhitung ≥ rtabel (0,632 untuk signifikansi 5%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA ini valid.
Rincian Artikel
Referensi
Budiasih, N. W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 56–64.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Penddikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustakaraya.
Hadi, Syamsul, & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers, Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi., 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/ article/viewFile/1096/754
Hapsari, Ety, E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 815–860. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view /171
Jaya, K. A. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 5(1), 57–67.
Natajaya, I. N., & Dantes, N. (2015). Perancangan Model Transpormasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 599–611. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/download/4917/3705
Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Putra, I. W. W. G., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. W. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. E-Journal Mimbar PGSD, 4(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7166
Rahayuningsih, & Indah, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 1–8.
Sudira, P. (2012). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit Tri Hita Karana. Makalah. Naskah Artikel Buku Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit THK. https://www.researchgate.net/ publication/328457124_SMK_kearifan_lokal_Tri_Hita_Karana_THK
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabet.
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Universitas Terbuka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winaya, I. M. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana terhadap Pemeahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Adi Widya: Pendidikan Dasar, 4(1), 8–17. https://ejournal.ihdn.ac.id/index. php/AW/article/view/925