PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HASIL BELAJAR BERORIENTASI BERPIKIR TINGKAT TINGGI “TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA” KELAS V SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen hasil belajar berorientasi berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik siswa kelas V Sekolah Dasar yang teruji secara validitas dan reliabilitas sebagai alat ukur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Thiagarajan melalui tahapan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian yang dilakukan hanya sampai tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian adalah 61 siswa kelas V SD yang terdiri atas 30 siswa dari SDN 6 Gianyar dan 31 siswa dari SD N 7 Gianyar. Pengujian instrumen dilakukan oleh 5 orang judges yaitu dua orang dosen ahli dan tiga orang praktisi dari Sekolah Dasar. Hasil validasi isi instrumen yaitu 20 soal dinyatakan valid dan siap digunakan. Analisis uji validitas empiris untuk instrumen asesmen hasil belajar tematik menggunakan rumus rxy korelasi product moment dengan berbantuan Microsoft Exel, diperoleh simpulan 20 soal valid dengan kategori 18 soal kategori derajat validitas sangat tinggi, 2 soal kategori derajat tinggi. Uji Reliabilitas instrumen asesmen hasil belajar dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach berbantuan Microsoft Exel. Berdasarkan hasil uji reliabilitas, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,98 dengan r table 0,60 sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen hasil belajar berorientasi berpikir tingkat tinggi dapat dinyatakan reliabel dengan derajat reliabilitas sangat tinggi didasarkan pada kriteria 0,80 < r11 <= 1,00.
Rincian Artikel
Referensi
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assesment. Theory into Practice, 32(3).
Fitrian, D. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
Harmurni, L. (2019). Instrumen Penilaian dan Validasinya. Uwais Inspirasi Indonesia.
Hartanto. (2020). Pengembangan nstrumen asesmen kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar pada pelajaran tematik. Universitas Negeri Semarang.
Hermawan, A. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Tumijajar. Universitas Lampung.
Permendikbud RI No. 64 Tahun 2013 Tentang “Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah,” (2013).
Permendikbud RI No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah, (2013).
Nasution. (2009). Asas-asas Kurikulum. Bumi Aksara.
Noviani, Y., Hartono, & Rusilowati, A. (2017). Analisis Pola Pikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Literasi Sains. Journal of Innovative Science Education, 6(2).
Rusdianto, A. (2020). Pengembangan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index; doi: http://dx.doi.org/10.33369/
Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children A sourcebook. Indiana University.
UU RI. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia.
Yousefi, S. (2016). Critical Thinking and Reading Comprehension among Postgraduate Students : The Case of Gender and Language Proficiency Level. Journal of Language Teaching and Research, 7(4), 802–807.
Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mistianah. (2015). Asesmen berpikir kritis terintegrasi tes essay. In In Symbion: Symposium on Biology Education (pp. 200–213).