PEMANFAATAN DIGITAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan digital learning di SD Nasima Semarang, sebuah sekolah internasional yang aktif mengintegrasikan teknologi dalam pembelajarannya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif, wawancara semi terstruktur dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Nasima Semarang secara aktif dan inovatif memanfaatkan berbagai platform digital seperti kanal YouTube SD Nasima, E-Library, SIANASIMA, dan Microsoft Office 365 untuk mendukung pembelajaran, penilaian, dan pengelolaan akademik. Pemanfaatan ini meningkatkan semangat belajar siswa, literasi teknologi, personalisasi pembelajaran, akses sumber belajar, dan keterampilan abad ke-21. Meskipun demikian, penelitian juga mengidentifikasi tantangan terkait infrastruktur, kemampuan guru, keamanan data, dan kesenjangan digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digital learning memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun memerlukan pengembangan model inovatif, peningkatan kemampuan guru, penguatan infrastruktur, dan pengembangan sumber belajar digital yang berkelanjutan.
Rincian Artikel
Referensi
Barokah, N., & Untung, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 347–356. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.883
Erwin, Y., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2021). Pemanfaatan Information and Communications Technology Sebagai Sumber Belajar Di Era Digital. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3951
Hsb, S. J. (2024). Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran Pai. Analysis : Journal Of Education, 2(1), 179–186. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/analysis/article/view/606
Kasmad, M., Iskandar, S., Ruswan, A., & Nikawanti, G. (2022). Model Pembelajaran Digital di Era 4.0 Bagi Guru Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 17(2), 80–91. https://doi.org/10.17509/md.v17i2.30178
Lestari, A.D.A., Amalia, S., Baidawi, F & AR, M. M. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Siswa Pada Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2), 36–47. https://jurnalinspirasimodern.com/index.php/Zaheen/article/view/93
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar, Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.588
Mutiah, Juwita, R., Syahdatunnisa, A. A., Makmuri, M., & Aziz, T. A. (2023). Pendekatan Konstruktivisme dan Miskonsepsi: Keterkaitannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 56–64. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.06
Ningsih, F. S., & Ulya, H. K. (2024). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar pada Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.62825/revorma.v4i1.98
Nopi, K., Septy, Q. A. F., Siti, M., Ismaya, F., Desti, S., Sofyan, I., Nuur, W. A. M, & Neneng, S. W. (2023). Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 485–497. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098
Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8205
Sirozi, M. (2024). Mengatasi Tantangan Pembelajaran Berbasis Digital Dengan Prinsip-Prinsip Dan Tahapan Perencanaan Yang Tepat. Unisan Jurnal, 3(5), 71–82. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/3167
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981