PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP KELAS VI SD

Isi Artikel Utama

Ni Luh Julianti
I Wayan Lasmawan
Putu Budi Adnyana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian mata pelajaran IPA Berbasis HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi) pada Tema “Selamatkan Makhluk Hidup” kelas VI SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) and evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini sebanyak 45 orang yang terdiri dari 2 akademisi (dosen), 3 praktisi (guru kelas VI) dan 40 siswa kelas VI. Ada dua instrumen yang digunakan, lembar penilaian kualitas produk dan kuesioner kepraktisan. Para akademisi memvalidasi instrumen yang digunakan dan menilai produk. Sedangkan kuesioner digunakan oleh guru untukmenilai kepraktisan produk. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Selanjutnya, nilai rata-rata dikonfirmasi ke dalam tabel klasifikasi penilaian acuan patokan skala 5 dan koefisien alpha dikonfirmasi ke klasifikasi Guilford. Hasil analisis menunjukan a) produk yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan skor 4,89, b) produk yang dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan nilai koefisien alpha 0,811, dan c) produk yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan sangat tinggi dengan skor 4,92. Dengan demikian, produk yang berupa instrumen penilaian IPA berbasis HOTS layak digunakan


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdullah, (1998).Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Ahmad, dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2) : 115-123
Alfiatin, Aina Lutfi dan Oktiningrum, Wuli. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jawa Timur Untuk Mengukur Penalaran Siswa SD. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika). Vol 2(1), hal. 30-43
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds.) (2001). A taxonomy for Learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman
Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S. (2005). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barak, M.,& Dori, Y. J. (2009). Enhancing Higher Order Thinking Skills Among Inservice Science Teachers Via Embedded Assessment.Journal of Science Teacher Education,20(5), 459–474.
Basuki, Ismet dan Hariyanto. (2015). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Pemaja Rosdakarya.
Chalkiadaki, Areti. (2018). A Systematic Literature Review of 21st Century Skills and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction.Vol 11(3), hal. 1-16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a
Coaley, K. (2010). An Introduction To Psychological Assessment And Psychometrics.London: Sage Publication Ltd.
Fitriani, Desi., Suryana, Yusuf dan Hamdu, Ghullam. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. IJPE. Vol 2(1), tersedia pada https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/13752
Helmawati. 2019. Penilaian dan Pembelajaran Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Khotimah, Khusnul. (2019). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill di Sekolah Dasar. Proceeding pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMUL I. Samarinda, 24 Agustus 2019

Kholiq, Hisyam Abdul., Artharina, Filia Prima dan Arisyanto, Prasena. (2019). Analisis Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills siswa Kelas V. Janacitta, vol 2(2), tersedia pada http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/janacitta/article/view/259
King,F., Goodson, L., & Rohani, F. (2011). Higher Order Thinking Skills: Assessment and Evaluation. California, USA: Center for Advandcement of Learning and Assessment.
Pappas,E., Pierakos,O dan Nagel, R. (2012). Using Bloom’s Taxonomy to Teach Sustainability in Multiple Contexts. Elsevier. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/257408770_Using_Bloom%27s_Taxonomy_to_teach_sustainability_in_multiple_contexts
Soemanto,Wasty.2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sunarti dan Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset.
Widodo, T. dan Kadarwati, S. (2013). High order thingking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembetukan karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1): 161-171.
Yusuf. A.Muri. (2005). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang: UNP Press