PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Isi Artikel Utama

I.D. Suryani
T. Juniarso
A.W. Hanindita

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran di era digital seperti ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan  pengaruh video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti memilih mata pelajaran IPA sebagai objek penelitian karena IPA merupakan salah satu mata pelajaran dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), untuk itu guru harus berinovasi untuk membuat pembelajaran yang menarik dan baik untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan pendekatan penelitian posttest only control design. Penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 50 siswa kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan tes yang diterapkan berupa posttest. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik dengan perhitungan dibantu oleh software SPSS Version 21. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen yaitu berjumlah 2.090 dengan rata-rata yakni 83,60. Perolehan nilai pada kelas kontrol berjumlah 1.840 dengan rata-rata 73,60. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan software SPSS versi 21 dibuktikan dengan nilai signifikan yakni 0,000 yang berarti nilai kurang dari 0,05 yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Imanuel, S. A. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 108–119. https://doi.org/10.31932/ve.v6i2.106

Lestari I.A.M.A, Arnyana I.B.P., & Wibawa I.M.C. (2022). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Pada Pelajaran Ipa Terintegrasi Tema 8 Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 64–75. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.948

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurfadhillah, S., Mitami, Khoirunnisa, T. N., Oetami, R. N., Ramadhan, M. I., & Pratiwi, D. (2021). Pengembangan Media Visual untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Daan Mogot 1 Kota Tangerang. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 303–312. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1356

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. SIBUKU MEDIA. https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6667/1/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

Pebriani, N. P. I., I.B. Putrayasa, & I.G. Margunayasa. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Tema 8 Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76–89. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.980

Prayitno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Media Komputer. Yogyakarta: Mediakom, 110.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439. https://www.neliti.com/publications/254968

Silaban, B., Sigiro, M., Studi, P., & Fisika, P. (2023). Dampak Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2), 189–197. https://doi.org/10.23887/jpepi.v13i2.2723

Sudjana, N. (2005). Media Pengajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=853411

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). April.

Yunita, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP 1 Darussalam. Skripsi, 5, 1. https://repository.ar-raniry.ac.id/504/