PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Isi Artikel Utama

S. Maharani
Destiniar
E.F.P. Sari

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 144 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 144 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen (True Experimental Design) dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrument tes berupa soal posttest.Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu 59 siswa SD Negeri 144 Palembang. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas kelas eskperimen yaitu 0,085 ≥ 0,05 dan kelas kontrol adalah 0,026 ≥ 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t-test diperoleh nilai thitung yaitu 9,882 dan ttabel yaitu 2,002, berarti thitung ≥ ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 144 Palembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 144 Palembang.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adawiah, E. R., & Qomariyah, S. (2023). Peran Role Playing Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII Di SMPN 1 Sagaranten, 3(1), 144-162. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2114

Aprimadedi, Marylia, Z., & Amril. (2023). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas IV Di SD N 79/VI Seringat Kabupaten Merangin. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 4333-4337. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1263

Apriyani, R., Sumarsih, D., & Pranoto, B. A. (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Muata IPS Dan Keterampilan BerbicaraSiswa Kelas V SD Negeri Pamulihan 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 405-418. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077555

Aulina, C. N., 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Tulang Bawang Tengah. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Dahlia, Intiana, S. R., & Husniati. (2023). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Educatio, 9(4), 2164-2170. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6250

Fadli, R. I. & Nugraha, A. S., 2021. Peningkatan Kemampuan Berbicara. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Fitri, R., Gunayasa, I. B., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Di SDN 8 Utan Tahun 2021/2022. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 59-64. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/230

Hidayat, R. & Abdillah, 2019. Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori dan Aplikasinya". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Karnia, N., Lestari, J. R., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 4(2), 135. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603

Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MI. Roudhotul Jannah Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 386-395. Diambil kembali dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1270

Margareta, N. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi SD Negeri 2 Bangoan. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(6). https://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10446

Puspitaningrum, J. I., Untari, M. F., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 296-304. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20985

Rosdiana, C. P., Marzuki, I., & Bakhtiar, A. M. (2023). Efektivitas Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Of Islamic Elementary School, 6(2), 125-134. https://doi.org/10.24256/pijies.v6i2.4192

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta didik Sekolaah Dasar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886

Sawaludin, Hasanah, S. U., Vestia, E., & Achmad, A. B. (2022). Metode Dan Model Pembelajaran. Lombok: Yayasan Hamjah Diha.

Simaremare, J. A. & Purba, N., 2021. Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Perasada Bandung.

Simbolon , P. R., & Widiyarti, G. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 101793 Patumbak T.P2023/2024. Jurnal Pendidikan Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH), 3, 491-499. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/496

Sukenti, D., 2021. Buku Ajar Penilaian Pembelajaran Dalam Bahasa Indonesia. Solok: Mitra Cendekia Media.
Sukristin, & Claudya, I. (2020). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 1-11.https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.192

Supriadi, G., 2021. Statistik Penelitian Pendidikan. Palangka Raya: UNY Press.

Umayah, S., Fatimah , N., & Nur'aini. (2023). Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kecerdasar Interpersonal Aanak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharmawanita Pekon Lengkukai Kabupaten Tanggamus. Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 1(1), 45. https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/42

Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 120-128. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346

Yulianto, L., & Tukidi. (2020). Studi Komparasi Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Metode Role Playing Dan Metode Ceramah Bervariasi Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jakenan Kabupaten Pati. SOSIOLIUM, 2(2), 146-154. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i2.32441

Yuniati, N., Suhartiningsih, & Finali, Z. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas II SDN Karangrejo 04 Jember. Jurnal Edukasi, 8(1), 1-5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23966