KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PLTB PADA MATERI ENERGI LISTRIK

Isi Artikel Utama

H.L. Nurfijriah
R.P. Raharjo

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media miniatur. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan, yakni (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data penelitian menggunakan tenik analisis deskriptif kuantitaf. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media miniatur pada materi energi listrik terbukti layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut didukung oleh beberapa data berikut ini: (a) hasil validasi media memperoleh persentase nilai 95%, (b) validasi materi memperoleh persentase nilai 97%, (c) hasil angket kepraktisan guru memperoleh nilai 96%, (d) hasil angket respons siswa pada uji coba skala kecil memperoleh persentase nilai 91% dan siswa uji coba skala luas memperoleh persentase nilai 92%.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.

Lestari, S. N. A. P. A., Jayadinata, A. K., & Aeni, A. N. (2017). Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 621–631. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/10051/6243

Maulani, B. (2013). Pengembangan Modul Teknik Digital Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika 3 (Dde3) Kelas X Teknik Audio Video Di Smk Negeri 2 Kebumen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuryadi, & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika: Jurnal Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/370

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas II A SDN 78 Pekanbaru. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252–266. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4105

Permata, N. N., Zaman, W. I., & Damayanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Materi Energi Alternatif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologu, 9(1), 1–13. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/374

Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.

Putra, N. (2012). Research & Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
Rafi’uddin, M. F., & Julianto. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. JPGSD, 9(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39920

Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Depdiknas RI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.