MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD PADA TOPIK MASA PUBERTAS MELALUI MEDIA POP-UP BOOK

Isi Artikel Utama

N.L.G.S. Utami
I.B.P. Arnyana
I.M. Candiasa

Abstrak

Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh pembelajaran konvensional dan kurangnya inovasi dalam menyediakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pop-up-book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik Masa Pubertas Kelas VI SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) Implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian adalah ahli, praktisi dan siswa kelas VI SD No. 2 Sangeh. Data validitas dan kepraktisan dianalisis dengan melihat persentase, kemudian data uji efektivitas dianalisis dengan rata-rata nilai N-Gain dan uji-t yaitu paired sample test dengan desain penelitian one group pretest-post test. Kajian produk berdasarkan hasil validitas materi memperoleh rata-rata 4,15 dengan kriteria sangat tinggi, valditas media memperoleh rata-rata 4,75 dengan kriteria sangat tinggi, dilanjutkan dengan validator kepraktisan oleh tujuh guru di Gugus I Abiansemal mencapai nilai rata-rata 2,05 dengan kategori excellent. Setelah itu, validator kepraktisan oleh 10 orang siswa SD No. 2 Sangeh mencapai nilai rata-rata 2,19 dengan kategori excellent. Kemudian pengujian untuk efektifitas media pop-up-book untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari hasil uji n-Gain yang menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa 0,72 dengan kriteria efektif. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t menunjuk-kan bahwa thitung>ttabel (27,960 > 2,028) dan nilai probabilitas (p < 0,05) sehingga data pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pop-up-book pada topik Masa Pubertas untuk Kelas VI SD terbukti valid, layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afifa, I. N., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 04 Madiun Lor. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 132–140. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.173

Astuti, E. R. P., & Baysha, M. H. (2022). Validasi Media Pop-Up Book Materi Mengenal Anatomi Tubuh Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. Lentera Pendidikan Indonesia, 3(3), 294–301. https://doi.org/10.36312/lpi.v3i3.93

Bariyyah, K., Hasti, R. R., & Susanti, R. H. (2021). Pop-Up Book of Profession as a Career Service Media for Elementary School Students. Child Education Journal, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.33086/cej.v3i1.1986

Barsihanor, Hafiz, A., KMR, G. N., & Budi, I. S. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 588–594. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2473

Cahyono, G. P., & Widiyono, A. (2024). Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Pop Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V SDN 03 Clering Donorojo Jepara dimana hasil belajar siswa dapat dimanipulasi dengan adanya remedial . Penyebab mendasar pertumbuhan pengaja. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2321–2330. https://doi.org/http://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.513

Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 335–345. https://doi.org/: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744

Egok, A. S., Mandasari, N., & Putri, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Media Pop Up Book pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Widodo. Linggau Journal of Elementary School Education, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.55526/ljese.v2i2.263

Ginting, M. T. H., Colina, Y., & Haloho, O. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru-Guru Paud. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 57–67. https://doi.org/10.61987/communautaire.v1i1.11

Heny, S. (2013). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p

Hamidah, A., & Anggereini, E. (2016). Pengembangan Buku POP UP Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk SMA kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 18(1), 44-48. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15608

Khadijah, A. S., Hasan, K., & Passinggi, Y. . (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 200–209. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25984

Kinanthi, G., & Winanto, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 6594–6606. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5553

Komari, M., Widiyaningrum, P., & Partaya, P. (2022). Development of Pop Up Book To Increase Interest and Learning Outcomes. Journal of Innovative Science Education, 11(1), 22–29. https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.46881

Kurniawan, S., Nelis, S., & Indahwati, F. (2023). Pop-Up Book As a Media in Improving Learning Activity. In Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, 1, 309-319. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/sicee/article/view/14578

Lestari, N. N. L., Rahmah, N., & Mustapa, K. (2023). Penerapan model NHT berbatuan pop up book untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sumber energi. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.27

Manjorang, A. F. B., Malaikosa, Y. M. L., & Sasomo, B. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Materi Simbol Dan Makna Sila Pancasila Di Sdn Babadan 1. Global Education Journal, 1(4), 27-39. https://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/229

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475

Nisak, K., & Indarti, T. (2023). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Digital PopUp Book Media Profile to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students on Fairy Tale Material. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(2), 201–211. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v11i1.5275

Nya Dhin, C. (2013). Pembinaan Anak Pada Masa Pubertas Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 102–127. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.492

Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746

Rahmayanti, S., & Setiawan, T. (2023). Learning Science with Digital Pop-Up Book Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8085–8090. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4339

Sri Mertasari, N. M., & Candiasa, I. M. (2022). Formative Evaluation of Digital Learning Materials. Journal of Education Technology, 6(3), 507–514. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.44165

Sari, S. M. Pengembangan Buku Pop-Up 3D sebagai Media Pembelajaran Alternatif dalam Pembelajaran Biologi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal IKA, 11(1), 12-26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ika/article/view/1145

Teni, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Tuwijati, S. S., Ilhamdi, H. M. L., & Safruddin, S. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 3 Kawo Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 10–19. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2344

Yanto, N., GH, M., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 214–220. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1772

Yolanda, M. O., Azheri, B., & Fauzi, W. (2020). Strength of Fiduciary Deed in the Implementation of Bad Credit Execution by Financial Institutions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 593. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1726

Yolida, B., Marpaung, R. R. T., & Lengkana, D. (2023). Pre-Service Teachers': Analysis and Constraints in Making HOTS-Based Multiple Choice Questions. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 2 (1), 59-79. https:educationcenter.id/journal/index.php/jesd/article/view/59