ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keintegrasian pada materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, rancangan media dan sumber belajar Sekolah Dasar kelas I tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 94.8% dengan klasifikasi multidisipliner. 2) terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan tingkat keintegrasian baik sebesar 83,5% dengan klasifikasi intradisipliner, 3) terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 95,8% dengan klasifikasi intradisipliner, 4) terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 89,7% dengan klasifikasi intradisipliner. Ini berarti, analisis keintegrasian pada keempat komponen sudah baik dan dapat diimplementasikan di Sekolah Dasar.
Rincian Artikel
Referensi
Crismono, P.C. (2017). Penggunaan Media Dan Sumber Belajar Dari Alam Sekitar Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Gammath, Volume 2 Nomor 2, Agustus 2017
Ernawati, Y. (2018). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013.Jurnalilmiah Binaedukasi ISSN 1979-8598E-ISSN: 2655-8378.Tersedia pada: http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi Vol. 11, No. 2, Desember 2018, 109—123.
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013.Jurnal Pedagogik, Vol. 05 No. 01, Januari-Juni 2018 ISSN: 2354-7960, E-ISSN : 2528-5793. Tersedia pada https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik.
Huber & Hutchings. (2008). Integrative Learning: Mapping The Terrain International. Journal for The Scholarship of Teaching & Learning. Vol.2 No.1.
Kunandar.(2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Novianto, A. & Mustadi, A. (2015).Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, Dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Tesis.Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Oviana, W. (2015). Kemampuan Mahasiswa Mengintegrasikan Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 (Kajian teoritis. Jurnal.ar-raniry.ac.id.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Randle, I. (2010). “The Measure of Success: Integrated Thematic Instruction”. The Clearing House, 71, 85-87.
Rumahlatu, dkk. (2016). An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal Of Environmental & Science Education 2016, Vol. 11, No. 12, 5662-5675.
Sa’adah, M. & Mawardi.(2019). Peningkatan Kebermaknaan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Alternatif Berbasis Projek Pada Siswa Kelas 5.Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan p-ISSN: 2622-4763 | e-ISSN: 2622-2159 | Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 1-14
Sugiyono, (2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryati, D. A. (2010). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Kelas Awal SD di Kabupaten Gianyar dan Badung. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.