ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS III TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Isi Artikel Utama

Hairullah
Nyoman Dantes
Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni

Abstrak

Peneletian yang dilakukan adalah penelitian analisis dokumen (Documentary Analysis). Dokumen yang di maksud adalah buku guru dan buku siswa tema perkembangan teknologi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keintegrasian pada materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, rancangan media dan sumber belajar Sekolah Dasar Kelas III tema Perkembangan Teknologi Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) Terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan tingkat keintegrasian 98,7% kategori sangat baik dengan klasifikasi multidisipliner. 2) Terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan tingkat keintegrasian 79,3% kategori sedang dengan klasifikasi intradisipliner. 3) Terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan tingkat keintegrasian 71% kategori sedang dengan klasifikasi intradisipliner. 4) Terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan tingkat keintegrasian 91% kategori sangat baik dengan klasifikasi intradisipliner.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Dantes, Nyoman. 2017. Pedagogik Dalam Perspektif Nyoman Dantes. Singaraja: Undiksha Press
Ibid. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Isjoni. 2007. Integrated Learning. Pendekatan Pembelajaran IPS di Pendidikan Dasar. Bandung: Falah Production.
Julianto. (2010). Kajian Teori Dan Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Dalam Pembelajaran Di Kelas. Surabaya: Unesa University Press
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud.2016.Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Lailatul Kusniyah.2019. Integrasi Muatan Bahasa Indonesia Dalam PembelajaranTematik Kelas I MI Roudlotul Tholibin Banjarejo Rejotangan. Tesis. Program Pacsarjana.Universitas Negeri Malang
Lukmanul. 2001. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
Mamat. S.B.dkk. 2005.Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam. Depag R.I.
Murfiam, Uum. 2017. Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1 No. 5, April 2017. 25 November 2019
Narti, Y., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Dwiyogo, W. D. (2016). Thematic Learning Implementation In Elementary School (Phenomenology Studies In Pamotan Sdn 01 And 01 Majangtengah Dampit Malang). International Journal Of Science And Research.18 November 2019
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Sruktur Kurikulum SD/MI
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press
Randel, I. 2010. “The Measure of Success: Integrated Thematic Instruction”. The Clearing House, 71, 85-87
Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: AL Fabeta
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:
Sudaryono.2018. Metodelogi Penelitian. Depok: Raja Grafindo
Tirtarahardja, U.& Sulo L.S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Pt Asdi Mahasatya
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.