PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran inkuiri berbantuan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan bekerjasama dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di gugus VIII Mengwi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan single factor independent groups. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar di Gugus VIII Mengwi pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 252 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik random sampling yang telah dilakukan didapatkan bahwa siswa kelas IV B SD No. 3 Mengwi yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV C SD No. 3 Mengwi yang berjumlah 27 orang sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan bekerjasama siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pembelajaran inkuiri berbantuan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan bekerjasama siswa kelas IV SD di Gugus VIII Mengwi tahun pelajaran 2019/2020, 2) terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pembelajaran inkuiri berbantuan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di Gugus VIII Mengwi tahun pelajaran 2019/2020, dan 3) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pembelajaran inkuiri berbantuan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan bekerjasama dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di Gugus VIII Mengwi tahun pelajaran 2019/2020.
Rincian Artikel
Referensi
Amalina, N.S., dkk. 2018. Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya Volume 3 No.1
Anggraini, B.N.W., dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tentang Sistem Gerak. Jurnal Pijar MIPA Volume 15 No.1
Ariyani, A.P.P., dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Kelompok B. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 1-10.
Budiasih, Luh, dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 5 No: 2
Fathoni, I.M., dkk. 2018. Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) pada Materi Medan Magnet SMAN Mumbul Sari. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, Jurnal Unej Vol.3 No 2
Kemendikbud. 2019. Laporan Hasil PISA 2018. (online) https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/tLBwAm6zAGGbofK#pdfviewer
Khasanah, M.M. 2018. Profil Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas VII Di Salah Satu SMP Swasta Di Magelang. Jurnal Pendidikan Biologi Unimed Volume 7 Nomor 2 Halaman 132-140
Laksana, D.,N.,L. 2017. The Effectivenessof Inquiry Based Learning For Natural Scineces Learning in Elementary School. Jurnal of Education Technology, 1(10),1-5.
Nurmayani, Lia., dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume 4 No.1. 98-104.
Ningrum, M.F.C.P. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Bidang Studi IPA Melalui Penerapan Model Group Investigation Bagi Siswa Kelas 5 SDN Kumpulrejo 2. E-Jurnal Wahana Kreatifitas Pendidik Volume I Nomor 3
Nugroho, B.S. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Roda Pengukuran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pengukuran Panjang Sdn Lidah Wetan II/462 Surabaya. JPGDS Volume 05 Nomor 03. 1531-1541
Pratiwi, I.A., dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika Volume 8 Nomor 2.
Rawa, N.R., dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Model Inquiry Learning Berbantuan Perangkat Phet Simulation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Volume 5 Nomor 2
Rawa, N.R., dkk 2019. Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Volume 6 No. 1
Strike, B.L. 2018. Penggunaan Model Problem Solving Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di SD Al Hikmah Surabaya. JPGSD Volume 06 Nomor 03. 363-372.
Suciani, Luh, dkk. 2018.Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak.e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Volume 6 No. 2 Tahun halaman 199-206
Wahidah, N.,dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol. 1, No. 1
Widiani, A.A. O. V., Lasmawan, W., Suarni, K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volume 4 No.1
Wiryawati, W., Dantes, N., Gunamantha, M. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berorientasi Metakognitif Terhadap Hasil Belajar