PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

I.P.B.W. Wardhana
N.K. Suarni
I.B. Putrayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kota Denpasar Utara. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kota Denpasar Utara, yang terdiri dari 325 orang siswa. Sebanyak 117 siswa, dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes essay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan metode non tes berupa angket untuk mengukur self efficacy siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis MANOVA berbantuan program IBM SPSS Statistic 25.00 for Windows. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan cabri 3D dengan siswa yang mengikuti pembelajaran direct learning. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan cabri 3D dengan siswa yang mengikuti pembelajaran direct learning. Ketiga, terdapat perbedaan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan dengan model problem based learning berbantuan cabri 3D dengan siswa yang mengikuti pembelajaran direct learning. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan cabri 3D berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anantasuk, N. (2019). Effects of problem based learning approach on problem solving skills and cooperative working ability of eighth-grade students. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(3), 1277–1284. https://doi.org/https://dx. doi.org/10.20319/pijss.2019.43.12771284

Apriatna, E., J, B., & D, I. (2020). The effectiveness of problem based learning assisted by cabri 3D on student’s mathematical communication writing and drawing skills. Journal of Physics: Conference Series, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/ 1/012060

Arends, R. I. (2007). Learning to Teach (7th ed.). McGraw-Hill Company.

Bandura, A. (2006). Article of guide for Contructing Self-efficacy Scales. by Information Age Publishing.
Batubara, N. A. (2018). Pengaruh software cabri 3D V2 plus dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar di SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 882–889. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.37

Bukari, H. I. (2019). Using problem based learning to enhance junior high school student understanding an attitude toword linear equastion word problem. Journal of Education and Practice, 10(3), 126–135. https://doi.org/https:// iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/46310

Hendriana. (2017). Aplikasi Komputer: Mengenal Software Matematika. Universitas Negeri Malang. http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8425%0A

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem based learning to improve students’ mathematical problem solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–297. https://doi.org/https://ejournal. unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/539 4/pdf

Indriyani, F., Cahyono, N. A. N., & Agustini, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan langkah ideal problem solving. Phytagoras, 7(2), 55–67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1296

Marlena, L., & Nugraheni, E. A. (2019). Probit regression analysis in estimating the effect of learning assisted by cabri 3D on students’ mathematical understanding ability.” Al- Jabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 319–326. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4729

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Nani, D., Rezeki, S., & Herlina, S. (2019). Implementasi Model Problem based learning (PBL)untuk Meningkatkan Self efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Aksiomatik, 7(3), 57–65. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2669

Natalliasari, I., & Mulyani, E. (2017). Implementasi pembelajaran investigasi berbantuan Software Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i1.198

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey.

Rezeki, S., Tama, B. J., & Hikmah, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Penggunaan Cabri 3D. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. 1-4. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/download/163/128

Santyasa, I. W., Santyadiputra, G. S., & Juniantari, M. (2019). Problem based learning model versus direct instruction in achieving critical thinking ability viewed from students’ social attitude in learning physics. Atlantis Press, 335, 633–644. https://doi.org/http://creativecommons.org/licenses/ by-nc/4.0/

Siagian, M. V, Saragih, S., & B, S. (2019). Development of learning materials oriented on problem based learning model to improve students ’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Sinurat, S. S., Napitupulu, E, E., & Mulyono. (2021). Metaanalisis pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 30–37. https://doi.org/https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/download/28799/17700

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alphabeta.

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219

Susanto, I. (2019). Pengaruh model PBL berbantuan phet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020. Jurnal Penelitian Fisikawan, 2(2), 1–7. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/315

Widiastuti, & Kurniasih. (2021). Pengaruh model problem based learning berbantuan software Cabri 3D V2 terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1698. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Yılmaz-Özcan, N., & Tabak, S. (2019). The effect of argumentation based social studies teaching on academic achievement , attitude and critical thinking tendencies of students. International Electronic Journal of Elementary Education, 12(2), 213–222. https://doi.org/10.26822/iejee.2019257669

Yuly Theresa, M., & Zulfikar, R. (2019). Self Efficacyy Dan Locus Of Control Sebagai Penentu Kinerja Usaha (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Fashion Hijab Di Balubur Town Square Bandung). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1864