PENGEMBANGAN E-LKPD HOTS DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis HOTS dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap utama yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Hots dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan adalah terdiri dari materi, contoh dan latihan sehingga mendorong pembelajaran berpusat pada siswa. Materi pembelajaran sudah dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar E-LKPD terlihat menarik serta E-LKPD dilengkapi dengan video pembelajaran. E-LKPD sudah diuji coba untuk mengetahui validitas materi dan validitas media. Selain itu uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media. Hasil uji coba E-LKPD menunjukkan bahwa E-LKPD tergolong valid dengan nilai rata-rata validasi total yaitu 1 yang berada pada interval sangat valid dengan nilai masing-masing 1 untuk aspek materi pembelajaran dan 1 untuk aspek media pembelajaran dan untuk uji kelayakan memperoleh skor 3,875 Tergolong layak dan dari segi kepraktisan memperoleh skor 4,00 tergolong praktis. Akhirnya dari segi efektivitas dengan rata-rata pre tes 48,85 dan pos tes 76,64 dinyatakan bahwa npre tes< npos tes di SD N 5 Buahan dan memperoleh rata-rata pre tes 47,27 dan pos tes 75,63 dinyatakan bahwa npre tes< npos tes di SD N 3 Melinggih, jika dilihat dari KKM yang digunakan dengan besar KKM 67 sedangkan hasil post tes dikedua sekolah menunjukkan 76,64 dan 75, 63 dan memperoleh persentase ketuntasan klasikan siswa sebesar 100% yang berada pada kategori positif. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis HOTS dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa layak digunakan.
Rincian Artikel
Referensi
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224
Guntur., et. al. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif, Kritis, dan Komunikasi Matematika Siswa dalam Academic-Contructive Controversy (AC). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 385–392. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37638
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Karim, N. (2015). Critical Thinking Ability of Students in Learning in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–104. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kasmini, L., Munandar, H., & Lindayani. (2021). Pengembangan E-LKPD Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Siem. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/544
Kinanti, M. D., & Subagio, F. M. (2020). Pengembangan LKPD Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35319
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 282–288. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150
Pebriani, N. P. I., I.B. Putrayasa, & I.G. Margunayasa. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Tema 8 Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76–89. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.980
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (Hots). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699–3712. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2691