PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERORIENTASI WANA KERTHI LOKA BALI PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Teknologi di bidang pendidikan menjadi sebuah trend dan tuntutan saat ini. Bahan ajar digital berorientasi kearifan lokal Wana Kerthi Loka Bali merupakan solusi untuk menyediakan materi ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa di era milineal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali Pada Pembelajaran IPAS Untuk Siswa Kelas IV SD; (2) mengetahui validitas Bahan Ajar Digital yang dikembangkan; (3) mengetahui kepraktisan Bahan Ajar Digital; dan (4) mengetahui efektivitas Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali Pada Pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain R&D dengan model ADDIE. Instrumen penelitian meliputi kuesioner validitas dan kepraktisan, serta tes hasil belajar IPAS. Subjek yang terlibat meliputi ahli materi, media dan bahasa, praktisi (guru dan siswa). Data dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase uji validitas materi, media dan bahasa termasuk kategori Sangat Valid. Tingkat kepraktisan bahan ajar mencapai kategori Sangat Praktis dan Menarik. Hail uji efektivitas menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sehingga dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, diperoleh simpulan bahwa bahan ajar digital berorientasi Wana Kerthi Loka Bali ini telah layak digunakan karena telah valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran IPAS Kelas IV SD.
Rincian Artikel
Referensi
Asrial, S., Maison., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v9i1.19222
Atmaja, A. T., Murtadho, N., & Akbar, S. (2021). Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dan kecakapan hidup. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(11), 1673-1678. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15104
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis digital pada mata pelajaran bahasa inggris di smk atlantis plus depok. Jurnal Instruksional, 3(1), 1-17. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Habaridota, M. L. B. B. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal kalimantan barat pada kelas III tema 3 SD Tahun 2019/2020. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 178-184. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Haerunnisa, N., Wahyudi, A., & Nasution. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal kampung nambangan sebagai sumber pendidikan karakter siswa pada pembelajaran IPS di SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2), 19-40. http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i2.4771
Khamidah, N., Winarto., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery learning: Pnerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veter), 3(1), 87-99. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva
Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 86. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1255
Lilis. (2019). Pengembangan bahan ajar digital pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas x. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 156-168. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7423
Lufiah, S., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Pengembangan modul literasi digital berbasis budaya lokal madiun untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Illmiah Dasar, 3(6), 968-977. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3045
Maskur., & Safitri, E. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Berkebutuhan Khusus. JOE, 3(2), 47. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2149
Musaddat, S., Suarni, N. K., Dantes, N., Putrayasa, I. B., & Dantes, I. G. R. (2019). Kelayakan pengembangan bahan ajar digital berkearifan lokal sebagai bahan literasi bahasa berbasis kelas serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 312-328. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2123
Nafidah, R. (2021). Pengembangan bahan ajar digital interaktif berbantuan adobe flash pada mata pelajaran korespondensi kelas x otkp di smk ypm 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 40. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p39-50
Oktavianty, V., Hairida., Muharini, R., Masriani., & Lestari, I. (2022). Pengembangan suplemen bahan ajar berbasis kearifan lokal pada materi bioteknologi konvensional. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6715-6723. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Perdana, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School. International Journal of Science and Applied Science, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112
Pujiatna, T.,Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengembangan bahan ajar simak berorientasi kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa pada mata kuliah menyimak. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 91-97. DOI: 10.33603/deiksis.v7i1.2804
Rahmawati, N. M. D., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Materi ajar digital berbasis kearifan lokal pada topik sumber energi panas untuk kelas V sekolah dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 234-243. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.47296
Raqzitya, F. A., & Agung, A. A. G. (2022). E-modul berbasis pendidikan karakter sebagai sumber belajar IPA siswa kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108-116. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27-39. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146
Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan bahan ajar ppkn berbasis kearifan lokal guna meningkatkan ketahanan budaya melalui pemahaman konsep keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229-248. http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.56926
Safruddin, S. (2020). Pengembangan bahan ajar pendidikan ips berbasis kearifan lokal maja labo dahu untuk pembentukan karakter siswa smp kabupaten bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 203-214. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1188
Sari, N. K. B. M. A., Wulandari, I. G. A. A., Wiarta, I. W. (2022). Bahan ajar digital interaktif berbasis problem based learning materi keragaman budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127-136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Sutana, I. G., & Wibawa, G. Y. S. (2021). Konsep Penyucian Dan Pelestarian Hutan Masyarakat. Jurnal Hukum Agama Hindu, 5(1), 96–97. https://doi.org/10.55115/pariksa.v5i1.1170
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja : Yogyakarta Graha Ilmu.
Wahyuni, F., Munirah, M., & Sulfasyah, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Pada Peserta Didik Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 126. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3613
Wicaksana, E. J., Lukman, A., & Siburian, J. (2021). Misconception analysis: a necessary complement to investigated the causes of students’ misconception in conducting research and development. Unnes Science Education Journal, 10(3), 151-159. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Widodo, S., & Jasmadi (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Winangun, I. M. A. (2020). Media berbasis budaya lokal dalam pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65-72. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Yuliana, F. H., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan bahan ajar digital interaktif dengan pendekatan kontekstual pada mata kuliah teori ekonomi mikro. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36-46. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875