PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model problem based learning berbantuan media crossword puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD. Penelitian tergolong eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest posttest eksperimental control group design. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 30 orang. Sampel yang didapat merupakan dua kelompok kelas dari sekolah dasar negeri. Data posttest dianalisis dengan uji-t (polled varians). Rata-rata posttest kelompok eksperimen 85, 16 dan kelompok kontrol 56, 43. Hasil analisis uji-t didapat thitung = 11, 28 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 didapat ttabel = 2, 00. Sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan media crossword puzzle berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD.
Rincian Artikel
Referensi
Baharudin, Fiteriani, I., Sukasih, S., & Sari, C. W. (2022). Implementasi Model Media Crossword Puzzle Bergambar Suatu Alternatif Media Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 1–20. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/5291
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(12), 2105–2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Education, 7(3), 1075–1090. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1279
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/914
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/694
Fauziah, N. N., Lestari, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 6(1), 89–103. https://scholar.archive.org/work/bl5b4sti4vb75lgefsshetw4ai/access/wayback/http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/download/4359/pdf
Handayani, N. P. R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 120–131. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/24767
Kenedi, A. K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Menerapkan Strategi Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD, 1(1), 17–32. https://core.ac.uk/download/pdf/230482821.pdf
Kusuma, E. D. (2021). Pengembangan Media Crossword Puzzle Berbasis HOTS Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 257–270. http://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/223
Marisa, M. (2021). Cirriculum Innovation “Independent Learning” in the Era of Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 66–78. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2128902&val=16758&title=INOVASI%20KURIKULUM%20MERDEKA%20BELAJAR%20DI%20ERA%20SOCIETY%2050
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 135–142. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/181
Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53–75. https://unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/1233
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://www.neliti.com/publications/452109/implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-di-sekolah-penggerak
Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/11938
Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/851
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (M. Dr. Ir. Sutopo, S.Pd. (ed.); Edisi Kedua: Cetakan ke-1 September 2019. Penerbit Alfabeta.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94–98. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/15515