PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN IPA TOPIK BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN

Isi Artikel Utama

I.M. Suirta
I.K. Gading
N.K. Suarni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifan Lokal Muatan IPA Topik Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD, (2) validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifian Lokal Muatan IPA Topik Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD, (3) kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifian Lokal Muatan IPA Topik Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementasi, evaluation). Namun, dalam keterbatasan waktu pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas, biaya, dan tenaga penelitian sampai pada tahap development (pengembangan). Instrumen pada penelitian ini, yaitu, kuisoner validasi dan kepraktisan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dengan lembar penilaian uji validasi kepada 5 ahli yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat validitas dan uji coba skala kecil terhadap 6 guru dan 10 siswa yang bertujuan memperoleh data kepraktisan hasil pengembangan media. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Karakteristik Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifian Lokal Bali Muatan IPA Topik Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD dapat memenuhi kebutuhan belajar berdiferensiasi dengan interaktifitas pada teks, audio, video dan game dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone dan di akses melalui web, (2) hasil validitas dan kepraktisan berdasarkan uji coba, yaitu, (a) hasil validasi oleh ahli materi mengunakan rumus Lawshe’s memperoleh nilai CVI sebesar 0,96 berada pada rentang 0,68 - 1,00 memiliki kevalidan berada pada kategori keputusan “Sangat Baik”; (b) hasil validasi ahli media memperoleh nilai CVI sebesar 1,00 berada pada rentang 0,68 - 1,00 memiliki kevalidan berada pada kategori keputusan “Sangat Baik”; (c) hasil uji coba skala kecil menggunakan rumus ¬mean untuk guru diperoleh rerata skor sebesar 4,7 dan uji coba skala kecil untuk siswa diperoleh skor sebesar 4,7 yang telah dikonversi berada pada rentang 4,50 < x ≤ 5,00 dengan kategori “Sangat Praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifian Lokal Muatan IPA Topik Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD valid dan praktis.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525/16362
Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Afirudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Matematika, 2(2019), 917-927. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Huda, M. N., Mulyono, M., Rosyida, I., & Wardono, W. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. Jurusan Matematika, In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 798¯806. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Kusuma, R. S. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pedagogik, 05(02), 228–239. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/385/283
Maretayani, N. W., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3300/1782
Maurisa, K. Z. A., & Rahayu, W. P. (2021). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Mobile Learning berbasis Android berbantuan Ispring Suite 9. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), 546-558. DOI: 10.17977/um066v1i62021
Najib, D. K., Ulfa, S., & Sulthoni. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Banyuwangi untuk Siswa Kelas V. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 75–81. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/8035/3913
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
Putra, B. T., & Rijanto, T. (2018). Pengembangan Media Trainer dan Jobsheet Pengasutan dan Pengereman Motor Listrik AC 3 Fasa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3), 327–331. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/24972/22879
Rahmawati, E. M., & Mukminan. (2017). Pengembangang M-Learning Untuk Mendukung Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4 (2), 157¯166. DOI: 10.21831/jitp.v4i2.12726.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/download/14892/9446
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602