PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS AKTIVITAS EKONOMI TERHADAP KUALITAS LITERASI FINANSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas literasi finansial dan kemampuan berpikir kritis secara parsial maupun simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain single factor independent groups. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VIII Mengwi sejumlah 248 siswa. Sebanyak dua kelas yang terdiri dari 50 siswa dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Data kualitas literasi finansial dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalan dan MANOVA satu jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi orang tua dan hasil belajar IPA secara parsial maupun simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Rincian Artikel
Referensi
Blackley, S., Rahmawati, Y., Fitriani, E., Sheffield, R., & Koul, R. (2018). Using a makerspace approach to engage Indonesian primary students with STEM. Educational Research, 28(1), 18–42. https://espace.curtin.edu.au/handle/20.500.11937/66478
Bybee, R. W. (2013). The case for STEAM education: Challenges and opportunity. National Science Teachers Association (NSTA). https://static.nsta.org/pdfs/samples/PB337Xweb.pdf
Chayati, N., Masykuri, M., & Utomo, S. B. (2018). 5 th ICRIEMS Proceedings Design and Validation of STEM-based Lesson Plan to Empowering Student’s Critical Thinking Skill in Stoichiometry. 5 Th ICRIEMS Proceedings Published by Faculty Of Mathematics And Natural Sciences, 55–62. http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/proceeding2018/CE08_Nirmala Chayati.pdf
Eko, T. Y. S. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (1 St SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, 1, 11–26. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SENATIK2016/senatik/paper/viewFile/1046/995
Fianto, F. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial (Gerakan Literasi Nasional). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hardani. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis STEM-Project Based Learning, Meningkatkan Keterampilan Abad 21 dengan Tema My Dream House. Kun Fayakun.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 30–41. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018
Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780
Kemdikbud. (2022). KBBI Daring. KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Mandell, L., & Klein, L. S. (2007). Motivation and financial literacy. Financial Services Review, 16(2), 105–116.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, ISSN: 2686-6404, 452–460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/325
Munthasar, Hasnita, N., & Yulindawati. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Pendidikan terhadap Literasi Keuangan Digital Masyarakat Kota Banda Aceh. JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(2), 146–157. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jihbiz/article/download/10458/5824
Ningkaula, T. A., Laliyo, L. A. R., Iyabu, H., & Abdullah, R. (2021). Dampak Model Discovery Learning Berpendekatan STEM terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 76–84. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index
Ruseffendy, E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Tarsito.
Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1253325&val=14493&title=PENTINGNYA PENDIDIKAN BERBASIS STEM DALAM KURIKULUM 2013
Suwarma. (2015). “Baloon Powered Car” sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 1–20. https://ifory.id/proceedings/2015/z4pZjcJkq/snips_2015_irma_rahma_suwarma_409fef79e6f888dac411c0f4eb0c1f45.pdf
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Wibawa, I., Sariyasa, & Suarni, N. (2020). HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS VIII MENGWI. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 79–90. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3319/1786
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561