PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 8 KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Tema 8 Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Namun, karena pandemi covid 19 maka pengembangan hanya pada tahap implementation uji terbatas saja. Subjek pengembangan ini adalah 3 ahli (materi, desain pembelajaran dan media), 7 orang guru dan 10 orang siswa kelas V. Data dari ahli digunakan untuk menguji validasi E-LKPD dan data dari siswa dan guru untuk menguji kepraktisan LKPD. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran, media dan kuesioner kepraktisan untuk guru dan siswa. data yang diperoleh dianalis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 1) E-LKPD memiliki karakteristik khusus yang dapat dilihat dari komponen, tampilan, materi, aktivitas pembelajaran dan sistem penilaiannya, 2) E-LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan secara umum terkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,87 dan 3) E-LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan terkategori sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 3,85 dan bagi siswa terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,86.
Rincian Artikel
Referensi
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6). https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72–80. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariq, M. I., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas e-lkpd ekosistem berbasis saintifik untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma. Jurnal Unesa, 10(3), 562–571. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38540
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asih, W.W. & Eka, S. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Habibi, S. (2014). Sistem Informasi Geografi Dinamis Pariwisata Kabupaten Purworejo Dengan Android. Yogyakarta: STMIK AKAKOM.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hutabarat, R. (2019). Peningkatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Sifat dan Perubahan Wujud Benda Mellaui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Kelas IV SD Negeri 167959 Kota Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Elementary School Journal, 9(2), 159–168. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14326
Iskandar, S. M. (2001). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbub. Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.
Karar, E.E & Yenice, N. (2012). The Investigation of Scientific Process Skill Level of Elementary Education 8th Grade Students in View of Demographic Features. Procedia Social and Behavioral Sciences, 3885–3889.
Khotimah, R. P., & Sari, M. C. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Konteks Lingkungan. Jurnal Aksioma, 9(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909
Lu, K., Yang, H. H., Shi, Y., & Wang, X. (2021). Examining the key influencing factors on college students’ higher-order thinking skills in the smart classroom environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00238-7
Munawarah, N., & Surya, E. (2017). An Analysis of the Difficulties in Learning Mathematics by Using Scientific Approach at SMA Negeri 3 Manyak Payed. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 94–104. Retrieved from http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Murti, B. (2011). Validitas dan Reliabilitas Pengukuran. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Muzayyanah, A., Wijayanti, A. & Ardiyanto, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 452. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1961
Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Permendikbud. (2013). Nomor 81 A Tahun 2013 lampiran IV. Jakarta: Permendikbud.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Puspita, V dan Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/456
Ratnawati, S. (2019). Investigating Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Writing Skill (A Case Study at the Eleventh Grade of a Senior High School in Banjar). Journal of English Education and Teaching (JEET), 3(3). https://doi.org/10.33369/jeet.3.3.328-342
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, K., Apino, E & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ Knowledge about Higher-Order Thinking Skills and Its Learning Strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215
Retnoasih, N. (2018). Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains (JPPMS), 2(2), 48–53. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/article/view/7190
Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran IPA SD berbasis HOTS (Higher Order Thinking) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 246–311. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/16127
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: cetakan kedua. Jakarta: PT Indeks.
Samritin. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMP dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suhandoyo, G. & Wijayanti., P. (2016). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 158. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n3.p%25p
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widana. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaa.
Wiratmojo, P., S. (2002). Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. Lembaga Administrasi Negara.
Wulandari, T. N., S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Semester I di SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 347–252.
Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1-3), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923
Zhao, H, & Sullivan, K. P. H. (2017). Teaching presence in computer conferencing learning environments: Effects on interaction, cognition and learning uptake. British Journal of Educational Technology, 48(2), 538–551. https://doi.org/10.1111/bjet.12383