EFEKTIVITAS PENGGUNAAN RUBRIK PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE) TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Isi Artikel Utama

E. Silvia
Remiswal
Khadijah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efvektivitas peggunaan rubrik penilaian kinerja (performnce) terhadappembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian kualitatif  dengan pendekatan deskriptif  yang dilakukan di SDN 343. Subjek penelitiannya nya adalah guru PAI dan peserta didik khususnya dikelas enam. Data yang terkait dengan penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan rubrik penilaian kinerja (performance) evektif dalam meningkatkan pembelajaran PAI khususnya pada elemen Fikih di SDN 343. Hal in didukung dengan bebrapa indikator yang digunakan dalam penilaian kinerja (performance) yaitu pertama meningkatnya partisipasi peserta dalam pembelajaran dan kedua meningkatnya pemahaman peserta didik pada pmbelajaran PAI. Ketiga, meningkatnya ketrampilan peserta didik untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan rubrik penilaian (performance) dapat memberikan moivasi kepada peserta didik agar lebih aktif dalam pembelajaran, membantu peserta didik dalam memahami materi PAI dengan lebih baik, dan membantu Peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai PAI dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian, maka rubrik penilaian kinerja  (performance) efektivitas dalam PAI di SDN 343. Penilaian ini dapat menjadi penilaian yang efektif dibandingkan penilaian Tradisional.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Akbar, H. M., & Jamilus, J. (2024). Penilaian Kinerja dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 152–162. http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v10i1.1987

Aswaruddin, A. (2021). Manajemen Penilaian Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 212–222. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2567

Ermianto, E. (2022). Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa: The Effect Of Teacher Performance Evaluation On Student Learning Motivation. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 29–39. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3560

Hairun, Y. (2020). Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran. Deepublish.

Muslikhin, M. (2024). Pengembangan Model Penilaian Kinerja Guru Yang Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Dalam Pendidikan. Unisan Jurnal, 3(2), 899–909. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2483

Nurhaifa, I., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2020). Rubrik penilaian kinerja pada pembelajaran stem berbasis keterampilan 4C. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101–110. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/24742

Sholeh, H. (2024). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Evaluasi Kinerja Guru Dalam Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(5), 767–783. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/207

Sihombing, N. N., Aldisa, R. T., & Simatupang, Y. P. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pada Siswa Magang dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Bulletin of Computer Science Research, 4(2), 155–161. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v4i2.331