ANALISIS PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

R.C. Asmoro
M.M. Munir

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguraikan tingkat kedisiplinan siswa, (2) Menguraikan budaya sekolah yang ada di SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara dalam pembentukan karakter disiplin, (3) Menguraikan penerapan budaya sekolah dalam pengembangan sikap kedisiplinan siswa. Menggali, menginterpretasi, mengkaji dan mendeskripsikan pelaksanaan budaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan subjek kepala sekolah dan guru kelas II. Data dikumpulkan menggunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan budaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin di SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara yang dilaksanakan ada 4 budaya sekolah, yakni (1) Budaya disiplin menaati tata tertib sekolah. (2) Budaya peduli sosial dan cinta kebersihan lingkungan. (3) Budaya religius. (4) Budaya nasionalis. Penelitian ini menggambarkan Analisa tentang pentingnya budaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Tentunya semua budaya sekolah yang ada di SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara bisa berjalan dengan baik berkat peran dari kepala sekolah dan guru kelas, sebagai pedoman teladan dalam pembentukan karakter disiplin.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustina, F. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter dan Metode Story Telling. Jurnal: Penelitian Medan Agama, 10(2), 257–279. http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v10i2.6408

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Angi, M. S. (2019). Efektivitas Metode Outdoor Study dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu, 34–41. http://repository.iainbengkulu.ac.id/28 25/

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011

Eryong, X., & Li, J. (2021). What is the ultimate education task in China? Exploring “strengthen moral education for cultivating people” (“Li De Shu Ren”). Educational Philosophy and Theory, 53(2), 128–139. https://doi.org/10.1080/00131857.202.1754539

Gunawan I. (2019). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya. Depok : Rajawali Pers.

Gusdini, N., Hasibuan, B., & Basriman, I. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 141. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.11574

Hidayati, D., Hakim, N., & Sulton, M. Z. (2021). Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Rutin untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada SiswaSD/MI. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 47–61. https://doi.org/10.51675/jp.v2i2.104

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Mahmudi, M., Listyarini, I., & Untari, M. F. A. (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Lagu Anak Karya A.T. Mahmud. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(2). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.589

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nuril, H. (2021). Disiplin Modal Utama Kesuksesan (Yulianto Ichlasul Moch., Ed.). Eureka Media Aksara.

Pohan, I. S. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Keteladanan oleh Guru serta Implikasinya Bagi Perilaku Siswa di Sekolah Dasar Negeri 054874 Desa Selayang Kecamatan Selesai Langkat. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU,9(2), 91-97. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/3561

Rahayu, D. W., & Taufiq, M. (2020). Analisis Pendidikan Karakter melalui Living Values Education (LVE) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian,1.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setiyaningsih, D., Rosmi, F., Santoso, G., & Virginia, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.693

Syah, I. J. (2019). Metode Pembiasaan sebagai Upaya dalam Penanaman Kedisplinan Anak terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela’ahHadits Nabi tentang Perintah Mengajarkan Anak dalam Menjalankan Sholat). JCE (Journal of Childhood Education), 2(2), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.36

Syifa, A. N. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensi terhadap Jurnal_ep Vol.13 No.2, Agustus 2023 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan | 188 Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/89415/

Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 365. https://doi.org/10.30738/keluarga.v5i2.3842

Yang, C. (2021). Moral education in mainland China today: A bio-ecological systems analysis. Journal of Moral Education, 50(4), 529–543. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1847054

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yulianti, J., Thusa’diah, H., & Prastowo, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1907–1915. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1712