ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Isi Artikel Utama

M.S.W. Putra
D.A. Wiranti

Abstrak

Peran kepala sekolah tentu mempunyai pengaruh yang siginifikan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah. Mutu pendidikan merupakan keefektivan sistem pendidikan dalam menyediakan pengetahuan, keterampilan dan nilai kepada para siswa-siswi dengan mencakup metode pengajaran serta fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta upaya yang dilakukan kepala sekolah SDN 08 Suwawal dalam meningkatkan mutu pendidikan. Peran yang telah dilaksanakan kepala sekolah antara lain: 1. Meningkatkan kompetensi guru melalui In House Training (IHT) 2. Pengadaan sarana dan prasarana sekolah, 3. Meningkatkan prestasi siswa-siswi 4. Melakukan evaluasi dan supervisi untuk guru dan siswa, 5. Membangun hubungan dengan komite, orangtua serta masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas suatu data.  Dalam hal ini kepala sekolah sebagai individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan operasional sekolah tentu sangat diperlukan dalam dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 08 Suwawal sebagai sekolah yang unggul dan bersaing di berbagai bidang.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392

Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50–54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129

Hidayat, F. N., & Rugaiyah. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2142

Lestari, L., & Putra, E. D. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri 001 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 327–336. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.971

Marwan, E. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.55558/alihda.v12i2.2

Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039

Mulyasa. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Noviyanti, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Etos Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandar Lampung. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 53–67. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i1.8165

Radhiah, R., & Sunarto, S. (2022). Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah,Peran Komite Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah SMK DI Kecamatan Karangmojo. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 238–247. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8794

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.32362

Sirojuddin, A. (2020). Budaya Supervisi Kepala Sekolah Dengan Profesionalisme Guru di SDN Tarik 1 Sidoarjo. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 119–141. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.589

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sumendap, R. (2022). Peran Public Relations Antara Sekolah Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 655. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.655-662.2022

Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26

Sutisna, S. H., Rozak, A., & Renanda Saputra, W. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6895–6902. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2718

Sutriyani, W., Attalina, S. N. C., Wiranti, D. A., Zumrotun, E., & Wulandari. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Puzzle Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. 1(02), 159. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/khairaummah.01022022-10

Sutriyani, W., Wiranti, D. A., & Wulandari, E. (2022). Pelatihan Media Kognitif Numerik Berbasis Puzzle Paper Quilling bagi Guru ra. JPPM: Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.1976

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67