PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Isi Artikel Utama

G.A.P.U. Parwati
I.M. Sugiarta
N.K. Rapi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 75 orang kelas VIII di SMP Widiatmika tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak 49 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis adalah tes uraian sedangkan sikap ilmiah diukur dengan menggunakan kuEsioner yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji asumsi. Hasil analisis menunjukkan bahwa uji F sebesar 15,556 dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung (direct instruction).

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustin, L., Haryanto, Z., & Efwinda, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(1), 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.80

Arwan, A., Tawil, M., & Ramlawati. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.14341

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fisher, A. (2007). Berpikir kritis: sebuah pengantar. Erlangga.

Fitriansyah, R., Werdhiana, I. K., & Saehana, S. (2021). Pengaruh pendekatan STEM dalam model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah materi IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 228–241. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3598

Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunandi, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i1.20650

Harlen, W. (2000). Teaching, learning and assessing science 5-12. London: Paul Chapman Publishing.

Harlen, W., & Qualter, A. (2004). The teaching of science in primary school (fourth edition). London: David Fulton Publiser.

Hikmah, S., Devani, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (high order thinking skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi sains pembelajaran IPA SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 148–152. https://publikasi-ilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11193

Husna, D., Indriwati, S. E., & Saptasari, M. (2020). Pengaruh inkuiri terbimbing pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 82–87. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13143

Illahi, B. K., & Yurnetti. (2023). Effect of the guided inquiry learning model assisted by scientific worksheet toward critical thinking skills. Physics Learning and Education, 1(1), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ple.v1i1.8

Julimah, Winarmi, E. N., & Hambali, D. (2020). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 9 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 53–61. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12305

Lestari, S. R., & Makiyah, Y. S. (2021). The effectiveness of guided inquiry-based worksheets to improve students’ critical thinking skills on archimedes’ law materials. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 199–207. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i2.10655

Martatis. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1(2), 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1367

Mayangsari, F., Yusrizal, & Mustafa. (2020). Application of guided inquiry learning model to improve students’ scientific attitudes and learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012138

Muliani, A., Suastra, I. W., & Suswandi, I. (2019). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika kelas XI SMA tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i1.20649

Nurlaila, N., & Lufri, L. (2021). The effect of guided inquiry learning models using the help of student activity sheet on the knowledge competency of students in class XI of SMAN 1 Sungayang. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012120

Octaviani, D., Murda, I. N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 364–376. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/-mi.v24i3.21678

OECD. (2023). PISA. https://www.oecd.org

Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lekong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan tantangannya pada abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1

Sadia, I. W. (2014). Model-model pembelajaran sains kontruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santyasa, I. W. (2014). Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wasis, Rahayu, Y. S., Sunarti, T., & Indana, S. (2020). HOTS dan literasi sains: konsep, pembelajaran, dan penilaiannya. Surabaya: Kun Fayakun.