PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

S.Novia
M.M. Munir

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dampak dari penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemajuan belajar Matematika di kelas IV SDN 02 Tedunan Jepara. Penelitian dipicu oleh catatan rendah dalam pencapaian akademis Matematika di kelas tersebut. Upaya untuk menanggulangi masalah ini diajukan dengan mengadopsi model pembelajaran Mind Mapping, khususnya dalam konteks pembelajaran pengukuran luas dan volume. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Pre-Eksperimental dengan model One-Group-Pretest-Posttest. Seluruh siswa kelas IV SDN 02 Tedunan Jepara, yang berjumlah 22 siswa, menjadi populasi dalam penelitian ini. Data hasil observasi telah dianalisis dan dibandingkan menggunakan serangkaian uji statistik seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan perangkat lunak SPSS dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis hipotesis Nonparametrik, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Mengingat nilai signifikansi ini berada di bawah 0,05, maka hipotesis nol (H₀) ditolak sementara hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Matematika, khususnya dalam pembelajaran pengukuran luas dan volume.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Burhan, N., Munir, M. M., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Word Square terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar, Education, 3(2006), 374–380. http://dx.doi.org/10.31004/jote.v3i3.4826

Cahyani, N. D. (2019). Pengaruh Quantum Learning Dengan Media Papan Satuan Panjang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Eprints Universitas Muhammadiyah Magelang, http://repositori.unimma.ac.id/1296/

Lestari, S., Ulfa, U., & Dimas, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas V SDN Bangunrejo Lor 1. Education and Learning of Elementary School (ELES), 03(02), 6–10, https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/801

Lestari, B. V, Saputra, H. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Iii Sdn 3 Beleka. Renjana Pendidikan, 1(2), 1–6, https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/84

Maharani, P. P. D., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kuta Utara, Prosiding Senama PGRI, 2, 13–18. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/2997

Nurfaizah, A. P., Suarlin, S., Amrah, A., & Nurhaedah. (2020). The Effectiveness of Mind Mapping Model Toward Students’ Creative Thinking Ability on Basic Concepts of Civics at PGSD FIP UNM. Proceeding of The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT, 752–758. https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17750

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whatsapp) di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CMB. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 98–105. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3679

Prismayadi, A. V., & Mariana, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Rme Berbasis Etnomatematika Materi Pecahan Menggunakan Konteks Kue Spiku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(2), 133–146. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p133-146

Rahmah, N., & Harini, B. (2022). Effect of Mind Mapping Model of Learning Outcomes of Fifth Grade Students in Geometric Material At Sd Negeri 99 Palembang. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 3(3), 257–265. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v3i3.113

Subhan, M., Mahmuda, A., & Filahanasari, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn 09 Sitiung. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 25. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3046

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.