DAMPAK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak cooperative learning tipe-STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Medang Deras. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi peserta didik kelas VIII sebanyak 50 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa butir soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji validitas untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya diberikan perlakuan kepada kedua kelas, dengan terlebih dahulu melakukan pretest diperoleh skor rata–rata masing masing 47,00 dan 45,00 dengan standar deviasi 7,64 dan 9,45. Rata–rata skor posttest masing-masing 72,20 dan 61,20 dengan standar deviasi 11,52 dan 15,05. Untuk melihat perbedaan pada kedua kelas dilakukan uji-t satu pihak dengan α = 0,05, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yang mengindikasikan bahwa ada perbedaan pada kedua kelas tersebut.
Rincian Artikel
Referensi
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Syamsu, N. F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Rusman. (2014). Manajemen Pendidikan Agama Kristen dalam Ketahanan Keluarga. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 117–132. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.99
Silitonga, B. N. (2020). Persepsi Mahasiswa PGSD UPH Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Melalui Project Based Learning. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/23335
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suriyanto, D., Taufik, L., & Mubarak, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 132–145. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2696
Tama, I. G. S., Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Jurnal Penjakora, 6(1), 35. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17641
Turnip, M. P., Barus, R. W., & Naibaho, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Grafis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Swasta Advent 1 Medan TA 2021/ 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14929–14941. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4770
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754