PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

Isi Artikel Utama

P. Sitorus
E.K. Sitinjak
B. Lafau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memadukan  model Problem-Based Learning (PBL) untuk melihat peningkatan  hasil belajar peserta didik.  Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah topic Hukum Newton  di kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimental  dengan desain two group pretest-posttest design. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan secara keseluruhan terdiri dari 210 orang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan instrumen soal pilihan ganda dengan jumlah 20 butir yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Data hasil belajar kedua kelas diuji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak untuk = 0,05 diperoleh thitung = 5,2 lebih besar dari ttabel = 2,00. Untuk uji regresi diperoleh koefisien regresi bernailai positif 0,31hal ini menunjukkan adanya hubungan positif antara pembelajaran berdiferensiasi melalui model PBL. Hasil  penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2), 70-74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/41249/25699/166562

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jinotep, 3(2), 152–157. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152

Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu, 2(1). https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.184

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(1), 89–100. https://doi.org/10.31219/osf.io/m7a4k

Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.

Manalu, A., Sitorus, P., & Harita, T. H. (2023). Efek Model PBL dengan Stategi Pembelajaran Diferensiasi terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 159–172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4630

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Laporan Akhir Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi, UNP, 4–79.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965

Sitinjak, E. K., Hutapea, R. A., & Sijabat, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA negeri 5 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8831

Sitorus, P., Simanullang, E. N., Manalu, A., Laia, I. S. A., Tumanggor, R. M., & Nainggolan, J. (2022). Effect of Differentiation Learning Strategies on Student Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2654–2661. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2114

Sitorus, P., Tumanggor, R. M., Sigiro, M., Simanullang, E. N., & Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Manduamas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2883–2890. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.768

Sukaryaningsih, N. P. M., & ... (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 90–99. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/2351/1193

Surbakti, M., Sitorus, A. S., & Sitorus, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Animasi. Jurnal Visi Eksakta (JVIEKS), 2(2), 174–185. https://doi.org/10.51622/eksakta.v2i2.360

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Jatmiko H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224–232. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701

Wahyui, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wahyunisari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jendela edukasi Pendidikan (JPP), 01(02), 48–60. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Wulandari, A. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366