PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN JENIS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

N.K. Sugihantari
N.M.S. Mertasari
I.K. Setemen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak dari model pembelajaran berbasis proyek serta jenis tes terhadap pencapaian pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Sukawati. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pola desain faktorial 2x2. Populasi studi meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukawati pada tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 419 siswa yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 4 kelas dengan total 187 siswa, dipilih menggunakan metode pengambilan sampel acak. Data dikumpulkan melalui tes pencapaian pembelajaran matematika dan dianalisis dengan menggunakan analisis variansi (Anava). Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal. Pertama, terdapat perbedaan signifikan dalam pencapaian pembelajaran matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 5,942; nilai sig.<0,05). Kedua, perbedaan yang signifikan juga terlihat dalam pencapaian pembelajaran matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal terbuka (open-ended) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal tertutup (closed-ended) (F = 4,293; nilai sig.<0,05). Ketiga, terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan jenis tes dalam mencapai prestasi pembelajaran matematika (F = 64,097; nilai sig.<0,05). Keempat, pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal terbuka (open-ended), pencapaian pembelajaran matematika lebih tinggi bagi siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis proyek daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Di sisi lain, pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal tertutup (closed-ended), prestasi pembelajaran matematika lebih rendah bagi siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis proyek daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kelima, pada siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek, prestasi pembelajaran matematika lebih baik bagi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal terbuka (open-ended) daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal tertutup (closed-ended). Sebaliknya, pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, prestasi pembelajaran matematika lebih rendah bagi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal terbuka (open-ended) daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan soal tertutup (closed-ended).

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anwar Hidayat. (2021). Penjelasan Uji Reliabilitas. https://www.statistikian.com/2012/10/uji-reliabilitas-instrumen.html

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Bruce W. Tuckman, & Harper, B. E. (1992). Conducting Educational Research. Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Candiasa, I. M. (2021). Anaslisis Data dengan Statistik Univariat dan Bivariat. Undiksha Press.

Carless, D. (2007). Learning-oriented assessment: Conceptual bases and practical implications. Innovations in Education and Teaching International, 44(1), 57–66. https://doi.org/10.1080/14703290601081332

Cicmanec, K. M. (2009). Measuring Up: What Educational Testing Really Tells Us by Koretz, D. . Journal of Educational Measurement, 46(3), 363–366. https://doi.org/10.1111/j.1745-3984.2009.00086_1.x

Craft, A. M., & Capraro, R. M. (2017). Merging rigor and relevance to increase student engagement. Electronic International Journal of Education, Arts, and Science, 3(6), 140-158. http://www.eijeas.com/index.php/EIJEAS/article/view/110/108

Erick Suryadi, P. G., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), 302. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.13433

Hamalik, O. (2009). Psikologi belajar dan mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Kemendikbud. (2020). Surat edaran pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus Disease (covid- 19). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE Menteri Nomor 4 Tahun 2020 cap.pdf

Kerlinger, F. N. (2000). Asas-asas penelitian behavioral. Gadjah Mada University Press.

Minayugie, A. T., & Syahri, M. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 98. https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i2.12052

Moestofa. M., dan S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Standar kompentensi Memperbaiki Radio Penerimaan Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 255–261. https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%25p

Putra, G. P. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis projek terhadap hasil belajar animasi tiga dimensi ditinjau dari kecerdasan spasial siswa kelas XI SMK Negeri 1 sukawati. Program Pascasarjana UniversitasPendidikan Ganesha

Raga, S.D., Fitriyah, C.Z., & Z. F. (2020). The Effect of Implementing Problem-Based Learning on the Fifth Grade Students’ Higher Order Thinking Skills on Heat and Transfer Theme at SDN Kepatihan 06 Jember. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 482-491. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7959.

Santyasa, I. W. (2004). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Remidiasi, Miskonsepsi, Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMU. Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran.

Suastra. I W, D. (2019). The effectiveness of Problem Based Learning - physics module with authentic assessment for enhancing senior high school students’ physics problem solving ability and critical thinking ability. Journal of Physics : Conf. Series 1171 (2019) 012027IOP. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012027

Yao, J., Sun, H., Tian, Y. & Gu, H. (2019). Project-based learning in chinesemiddle-school students is more effective than the traditional teaching method: An experimental study. SIEF, 2(2), 115–121. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3388240