PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK

Isi Artikel Utama

I.A.N. Sudarmini
I.G. Sudirtha
N.A.T. Herawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning terhadap hasil belajar prakarya ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. Penelitian eksperimen semu dilakukan melalui rancangan treatment by level 2 x 2 yang melibatkan populasi kelas VIII SMP Negeri 3 Amlapura Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 9 kelas (294 peserta didik). Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, dimana sampel diperoleh melalui teknik undian terhadap kesembilan kelas yang sudah dinyatakan setara terlebih dahulu. Selanjutnya diperoleh empat anggota sampel yang diundi, yaitu dua kelas kelompok eksperimen dan dua kelas kelompok kontrol. Penentuan kemampuan awal peserta didik dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata kompetensi dasar pada materi sebelumnya di kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil belajar prakarya peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning lebih tinggi daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar prakarya, (3) hasil belajar prakarya antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning pada kelompok peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, (4) hasil belajar prakarya antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning lebih rendah pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning pada kelompok peserta didik dengan kemampuan awal rendah.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/55
Andamsari, E. S., & Purwanto. (2018). Rancangan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Learning yang Memanfaatkan Sumber Belajar untuk Jenjang SMP.
Anis, H. (2020). Pentingnya mengetahui Kemampuan Awal Peserta Didik. Hermananis.Com. https://hermananis.com/pentingnya-mengetahui-kemampuan-awal-peserta-didik/
Beri, P. (2019). Blended learning: A way of effecting student’s academic performance. International Journal of Applied Research, 5(8), : 321-324. https://www.allresearchjournal.com/archives/2019/vol5issue8/PartE/5-8-75-419.pdf
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT Rajagrafindo Persada.
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Elgazzar, A. E. (2014). Developing E-Learning Environments for Field Practitioners and Developmental Researchers: A Third Revision of an ISD Model to Meet E-Learning and Distance Learning Innovations. Scientific Research an Academic Publisher, 2(2). https://www.scirp.org/journal/paperinformation.aspx?paperid=41806
Powell, A., Watson, J., Staley, P., Patrick, S., Horn, M., Fetzer, L., Hibbard, L., Oglesby, J., & Verma, S. (2015). Blending Learning: The Evolution of Online and Face-to-Face Education from 2008-2015. Promising Practices in Blended and Online Learning Series. iNACOL, The International Association for K–12 Online Learning. https://eric.ed.gov/?id=ED560788
Rao, V. C. S. (2019). Blended Learning: A New Hybrid Teaching Methodology. ERIC, 13(3). https://eric.ed.gov/?id=ED611486
Stein, J., & Graham, C. R. (2014). Essentials for Blended Learning Routledge. British Journal of Education Technology. https://bera-journals.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/bjet.12177_5
Supandi, W. K., & Ariyanto, L. (2014). Blended Learningdesignfor Mathematicin Schools. ProceedingInternational Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education1st ISIM-MED 2014 Department of Mathematics Education. Yogyakarta State University.
Tarayunita, W. D. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran. SMK N 1 Kragilan. https://smkn1kragilan.sch.id/2020/04/10/pemanfaatan-lingkungan-sebagai-media-dan-sumber-pembelajaran/
Weegar, M. A., & Pacis, D. (2012). A Comparison of Two Theories of Learning -- Behaviorism and Constructivism as applied to Face-to-Face and Online Learning. E-Leader Manila. http://www.g-casa.com/conferences/manila/papers/Weegar.pdf
Winarni, N., Aeni, A. N., & Irawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Awal Siswa Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/27686