PENGARUH KETAHANMALANGAN, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Efikasi diri sebagai salah satu faktor yang memengaruhi optimalnya pencapaian prestasi belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal lainnya seperti ketahanmalangan dan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ketahanmalangan, regulasi diri dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian menggunakan pendekatan ex post facto dengan sampel sebesar 150 siswa ditentukan dengan rumus slovin dan dipilih secara random. Data ketahanmalangan, regulasi diri dan efikasi diri dikumpulkan dengan angket, sementara data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan analisis jalur dengan temuan seperti berikut. (1) Ketahanmalanhan berpengaruh secara positif terhadap efikasi diri. (2) Regulasi diri berpengaruh secara positif terhadap efikasi diri. (3) Efikasi diri berpengaruh secara posisif terhadap prestasi belajar matematika. (4) Ketahanmalangan berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. (5) Regulasi diri berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. (6) Ketahanmalangan berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui efikasi diri. (7) Regulasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui efikasi diri. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi bagi pembelajaran matematika, yakni pentingnya upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui peningkatan ketahanmalangan, regulasi diri dan efikasi diri.
Rincian Artikel
Referensi
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 54–67. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005
Candiasa, I. M. (2017). Strategi Heuristik untuk Meningkatkan Ketahanmalangan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Riset Inovatif, 447–453. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_345133344882.pdf
Dewi, D. V., & Purwanto, A. J. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan LMS Google Classroom Mata Pelajaran Matematika Materi Eksponen dan Logaritma pada Siswa Kelas X ACP SMK Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo dan SMK Negeri 1 Pujer Bondowoso. Mitra Pendidikan, 2(2), 69–75. https://doi.org/https://doi.org/10.47360/jmp.v2i2.73
Fadhilah, N., Renda, N. T., & Jayanta, I. N. L. (2020). Hubungan Antara Daya Ketahanmalangan Dan Minat Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 37–47. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17687
Faulinda, E. N., & Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Febrianela. (2013). Self Regulated Learning (SRL) Dengan Prestasi Akademik Siswa Akselerasi. E-Journal UNM Cognicia, 1(1). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/1455
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Epistemologis Dengan Belajar Berbasis Regulasi Diri. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 40–54. https://ejournal.upi.edu/index.php/insight/article/view/8443
Hari, N. P. K. (2020). Pengaruh Ketahanmalangan dan Regulasi Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 224. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26782
Hattie, J. (2014). Self Concept. Psychology Press.
Herman, M., Pentek, T., & Otto, B. (2015). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. Technische Universitat Dortmund, 1(1), 4–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29269.22248
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84
Kamsurya, M. A., Wijaya, A., Ramadhani, R., & Hukom, J. (2022). The Effect of Self-Efficacy on Students’ Mathematical Abilities: A Meta-Analysis Study. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 451–463. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202205
Kususmawati, P., & Cahyani, B. H. (2019). Peran Regulasi Diri Terhadap Efikasi Diri pada Pelajaran Matematika. SPIRITS, 4(1), 54–63. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/spirit/article/view/1032
Mammarella, I. Cm. (2019). Mathematics Anxiety:What is Know and What is Still Missing. Routledge.
Muhayana, I., Sridana, N., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika SMPN 1 Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 132–141. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.40
Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan Regulasi Diri Siswa Dan Dampaknya. 1(1), 31–42. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/view/20
Nopela, L. A., Lestari, A., Lorenza, S., & Syafri, F. S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Hasil Belajar Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Derivat, 7(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1050
Nur, Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 28 Bulukumba. Journal Universitas Muhammadyah, 1(1). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13469-Full_Text.pdf
Nurdianasari, A. (2020). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/165/3/ANITA%20NURDIANASARI_PM_AR2020.pdf
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Jilid I. Penerbit Erlangga.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MTS AL HIKMAH BREBES. E-Journal Uin, 13(1), 51–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1–10. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88
Ramirez, G., Shaw, S. T., & Maloney, E. A. (2018). Math Anxiety: Past Research, Promising Interventions, and a New Interpretation Framework. Educational Psychologist, 53(3), 145–164. https://doi.org/10.1080/00461520.2018.1447384
Rohim, H., & Darwanto. (2020). Pendidikan untuk menyambut masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 399–405. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3852
Rustam, A., & Wahyuni, D. S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematka Siswa Kelas X SMA ALKHAIRAAT 1 PALU. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 61–68. https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/48
Saidah, S., & Aulia, L. A.-A. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Adversity Quotient (AQ). Jurnal Psikologi, 2(2), 54–61. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1069
Setiawan, S. (2017). Pengaruh Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Terhadap Disiplin Siswa (SMP 17 Agustus 1945 Samarinda). Ejournal.Psikologi. Isip-Unmul.Ac.Id, 5(2), 310–319. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4372
Silvester, & Sumarni, M. . (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1528
Situmorang, A. G., Sipayung, R., Simarmata, E. J., & Silaban, P. J. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1358–1362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/547
Sjamsuri. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru di Sma PGRI 3 Jakarta. Kependidikan, 6.
Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Grasindo.
Stoltz, P. G. (2007). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Grasindo.
Supardi, U. S. (2015). Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.112
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114/0
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2021). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Triono & Rifai. (2019). Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. CV Sindunata.
Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT Bumi Aksara.
Wijayanti, D., & Suendarti, M. (2018). Pengaruh Ketahanmalangan dan Kreativitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 242–250. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8243
Woolfolk. (2008). Educational Psychology Active Learning Edition Tenth Edition. Allyn & Bacon.