PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR METODELOGI PENELITIAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar metodelogi penelitian ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Mahasiswa Semester V FKIP Universitas Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2021/2022 dengan melibatkan sampel sebanyak 84 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar metodologi penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA 2 jalur dan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar metodologi penelitian antara siswa yang mengikuti model pembelajarn Problem Based Learning (PBL) dan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar metodologi penelitian; (3) pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar metodologi penelitian antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajarn Problem Based Learning (PBL) dan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dan; (4) pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, terdapat perbedaan hasil belajar metodologi penelitian antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajarn Problem Based Learning (PBL) dan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Rincian Artikel
Referensi
Camelia, C., & Maknun, L. (2021). Implementasi Problem Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Jarak Jauh di MI Al-Mursyidiyyah Selama Masa. Elementar, 1(1), 1. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/elementar/article/view/19649/pdf
Dehkordi, A. H., & Heydarnejad, M. S. (2008). The impact of problem-based learning and lecturing on the behavior and attitudes of Iranian nursing students. A randomized controlled trial. Danish Medical Bulletin, 55(4), 224–226.
Eka Trisianawati. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 4(20), 196–207.
Hidayat, A., Rahayu, S., & Rahmawati, I. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM.
Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14
Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2). https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14
Kerlinger, F. N. (2000). Azas-azas Penelitian Behavioral. Gadjah Mada University Press.
Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf
Nurhayati, Lia Angraeni, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 11(1), 12–20.
Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.
Sidabutar, M., Aidilsyah, M. R., Aulia, Y. K., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2020). MAHASISWA THE EFFECT OF STUDENT ’ S MOTIVATION ON ACADEMIC ACHIEVEMENT ( Fenomena Universal ) dan berlangsung meningkatkan kualitas sumber daya manusia , pembangunan nasional di bidang pendidikan . yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa , bertu. 1(2).
Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv.