PENINGKATAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA

Isi Artikel Utama

M.G. Fatah
R.D. Utami

Abstrak

Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib di setiap tingkat pendidikan, dimaksudkan agar siswa dapat menguasai Bahasa Indonesia dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Namun, dalam praktiknya, sering kali pembelajaran Bahasa Indonesia tidak mencapai tujuan yang diinginkan, mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan, khususnya di kelas II SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas II dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi Team Games Tournament (TGT) di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart, dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan analisis data interaktif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian analisis data merujuk pada tahapan dari model Kemmis McTaggart yaitu diagnosis masalah, perancangan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi kejadian, evaluasi, dan refleksi. Partisipan penelitian ini adalah 25 siswa kelas II, dengan hasil menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Peningkatan kerja sama siswa dalam berkelompok terlihat pada setiap siklus, dengan presentase meningkat dari 45% pada siklus l menjadi 88% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat, dengan presentase ketuntasan meningkat dari 12% pada siklus l menjadi 92% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Team Games Tournament efektif dalam meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas II SD Muhammadiyah 16 Karangasem.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769–776. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Astutik, S., Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Depila, D., Mulyasari, E., & Riyanti, E. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas Iii Di Sdn 096 Sarijadi Selatan, Bandung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1459–1468. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.866

Dumilah, R., Rezkita, S., & Susanti, T. (2022). Upaya Meningkatkan Sikap Kerjasama Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri Kedungwaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 303-310. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/370

Gusliana, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.10802602

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 190–204. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291/1017

Ibrahim, F. E., Djuhartono, T., & Sodik, N. (2021). Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Lion Superindo. Jurnal Arastirma, 1(2), 316. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12369

Inten, K., Dewi, Hermawan, Ruswandi, & Kurniasih. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 444–451. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.23472

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(3), 36–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Maulansyah, D., Reggy, Febrianty, Dila, Asbari, & Masduki. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.483

Meneses, F. da C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 199–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003871

Mutmainah. (2020). Pendampingan Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimum (Kkm) Bagi Guru MI Arafah Bitung. Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif Dan Humanis, 2(2), 24–28. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/325

Nisa, C., & Amalia, F. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Co Op Co Op dan Teams Games Tournament (TGT). JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i1.642

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51. https://doi.org/10.17509/jassi.v19i1.22711

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 'Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0", November, 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Suryani, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20(1), 68–81. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7338

Syaifullah, M., Arsyad, A. A., Rahman, S., & Nurhaedah. (2023). Peningkatan Kerja Sama melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII.A UPTD SMP Negeri 1 Maniangpajo Muh. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Peningkatan, 5(3), 46–53. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.859

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728