PENGEMBANGAN MODEL MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA MELAMBUNG BERBASIS QR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA

Main Article Content

D.K. Fitrianti
R. Apriyana
S. Faradilla

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model menulis menggunakan media melambung berbasis QR untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SD 1 Bae Kudus  tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SD 1 BAE Kudus dengan  jumlah sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, pre-test dan post-test, serta respons guru dan respons siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian tersebut adalah : 1) Telah dikembangkannya media pembelajaran berupa modul Terampil Melambung (Menulis Tegak Bersambung) kelas II dengan skor 93 dan 88 dengan rata-rata 3,44 dan 3,3 layak. 2) Respons guru terhadap modul mendapatkan skor 3,46 dengan kategori layak. 3) Hasil pre-test peserta didik berjumlah 54,5 dan setelah diberikan perlakuan, hasil post-test meningkat menjadi 67,4 sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,66%. Dengan demikian, media Modul Terampil Melambung Berbasis Kode QR pada Kelas II dinyatakan layak dan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Agnesta, D. L., Riyadi, A. R., & Heryanto, D. (2018). Penerapan metode sas untuk meningkatkan kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14066

Elisa, W., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Concatenated Board Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung di Kelas 2 SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4470–4481. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9015

Ernandi, A. T., Rusmawan, R., & Purnomo, P. (2022). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar IPS. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2), 1-11. https://doi.org/10.20527/pakis.v2i2.6538

Febriyanto, B. F., Rahman, Yuliawati, Anggraeni, S. W., & Yonanda, D. A. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1519–1528. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5647

Firdaus, M. (2010). Intrumen Penelitian. Metodelogi Penelitian, 15–20.

Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Papan Sipat-Siput pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 467–479. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1643

Hanifa Sukma, H., & Ganis Amurdawati. (2020). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Local Wisdom pada Materi Menulis Karangan Narasi untuk Siswa SD. Jurnal Kiprah, 8(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.1991

Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271–277. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139
Herdayati, & Syahrial. (2016). Desain Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. 1–23. https://www.researchgate.net/publication/336304206_DESAIN_PENELITIAN_DAN_TEKNIK_PENGUMPULAN_DATA_DALAM_PENELITIAN

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Lestari, D. A. A., Suntari, Y., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide Pada Muatan Ips Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 54–65. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65

Malyk, A. K., Fahrurrozi, & Edwita. (2022). Pengembangan Modul Menulis Tegak Bersambung Berbasis Sensori Motorik Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.254

Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Rahayu, W., Suyono, S., & Dewi, R. S. I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Portofolio di Kelas Rendah Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5604–5610. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.1940

Setiawaty, R., Zahra, O. A., Ariyani, F., Wardani, K. U., & Rahayu, S. (2023). Pengembangan Modul Teks Deskripsi Untuk Meningkatkan Pemahaman Ide Pokok Bacaan Siswa Kelas V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5517-1131. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9968

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074