Kontribusi Supervisi Akademik, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Duta Bangsa Denpasar di Era Management Industri 4.0
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi supervisi akademik, kompetensi manajerial kepala sekolah dan etos kerja terhadap kinerja guru SMK Duta Bangsa Denpasar di era Manajemen Industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian "ex-post facto" dengan populasi sampel sebanyak 35 orang. Pengumpulan information dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis informasi dilakukan dengan menggunakan regresi sederhana, regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru SMK Duta Bangsa di era Manajemen Industri 4.0 (2) terdapat kontribusi yang substansial kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru. (3) ada kontribusi yang signifikan etos kerja terhadap kinerja guru (4) secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik, kompetensi manajerial kepala sekolah, dan etos kerja terhadap kinerja guru SMK Duta Bangsa. Dengan demikian, ketiga variabel tersebut digunakan sebagai prediktor tingkat kecenderungan peningkatan kinerja guru SMK Duta Bangsa di era manajemen industri 4.0.
Referensi
Agung Anak Agung Gede. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan Malang. Aditya Media Publishing.
Agung Anak Agung Gede. (2016). Statistika Dasar dan Lanjut untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Atmodiwirjo. (2002). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Atmodiwirjo. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Daryanto. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Donni Juni Priansa dkk. (2017). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.