Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Sekolah, Kepuasan Kerja Guru, dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru CCS Bali
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, kepuasan kerja guru, dan komitmen kerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersamaan terhadap kinerja guru CCS Bali. Penelitian dengan rancangan ex-post facto ini melibatkan 40 orang guru WNI di CCS Bali. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner tertutup yang berisi rangkaian pernyataan berisi lima kemungkinan jawaban. Sedangkan teknik statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian. Kontribusi yang signifikan antar masing-masing variabel baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan ditemukan dari hasil analisis yang dilakukan, yaitu meliputi: (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru CCS Bali dengan kontribusi 0,520 serta memberikan sumbangan efektif 19,34%, (2) iklim kerja sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru CCS Bali dengan kontribusi 0,418 serta memberikan sumbangan efektif 8,11%, (3) kepuasan kerja guru berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru CCS Bali dengan kontribusi 0,336 serta memberikan sumbangan efektif 9,27%, (4) komitmen kerja guru berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru CCS Bali dengan kontribusi 0,504 serta memberikan sumbangan efektif 9,37%, (5) perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, kepuasan kerja guru, dan komitmen kerja guru secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru CCS Bali dengan kontribusi 0,679 serta memberikan sumbangan efektif 46,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kinerja guru CCS Bali dipengaruhi oleh variabel di atas.
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Engkoswara dan Aan Komariah. 2015. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fatah, Nanang. 2019. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fisher, D.L and Fraser, B.J. 2015. School Climate, terj. Daryanto, Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hadiyanto. 2016. Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hermino, Agustinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Jakarta: Kompas Gramedia Building.
Juwita, Marni. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Guru, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 03 Mukomuko. Tesis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo. 2015. Perilaku Organisasi. Terjemahan Erly Suandy. Organizational Behaviour. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Kusumayani, Ayu. 2013. Kontribusi Perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru, dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Amlapura. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mulyadi. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Maliki Press.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Robbin and Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Schermerhorn, John R Jr. 2011. Organizational Behavior 11th Edition. USA: John Wiley & Sons.
Safaruddin dan Anzinzhan. 2016. Psikologi Organisasi dan Manajemen. Medan: CV. Berkat Mandiri Baru.
Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Santiari, Luh Putu, I gusti Ketut Arya Sunu, dan Kadek Rihendra Dantes. 2020. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 11, No 1.
Setyoningsih, Lilis. 2015. Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Tesis. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Sinambela, Lijan Poltak. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukarno, Imam. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK Negeri 4 Pekanbaru. Jom FEKON, Volume 2, No 1.
Sulistyorini. 2016. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: elKaf.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Supardi. 2015. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Cet. II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susilo Martoyo. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen : Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, Ahmad. 2016. Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syafaruddin. 2015. Pendidikan dan Tranformasi Sosial. Medan: CV. Perdana Mulya Sarana.
Tasnim, Ahmad. 2015. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se Kecamatan Gerokgak. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015. Tentang Guru dan Dosen.
Usman, Husaini. 2014. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Wijaya, Chandra. 2016. Dasar-dasar Manajemen. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Wijono, S. 2011. Psikologi Industri Dan Organisasi; Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.