Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru

  • I.W.C. Adiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.G.H. Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstrak

Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, kinerja guru dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan transformasional, disiplin kerja dan motivasi kerja guru di SMK Kesehatan Bali Dewata Denpasar. Untuk mencapai tujuan tersebut peneiliti menggunakan pendekatan ex-post facto dengan sampel penelitian 40 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan bahwa (1) Terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif 31,27%, (2) Terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif 24,46%, (3) Terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif 29,67%, (4) Terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yaitu sebesar 85,40%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, dan motivasi kerja berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru, dengan demikian ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor terhadap kinerja guru di SMK Kesehatan Bali Dewata Denpasar.

Referensi

Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Amboyo, A.F. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Sigi. Artikel Penelitian Pendidikan. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/144564
Aninditya, S.N. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari Yogyakarta. Artikel Pendidikan. Diunduh dari file:///C:/Users/User/Downloads 1219-Article%20texs.
Ardiana,T.E. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Artikel Penelitian. Diunduh dari file:///C:/Users/User/ Downloads/11-21-1-SM.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cahaya, I.M.E. 2010. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Disiplin kerja dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Penelitian kepada para guru SMP di Kecamatan Kuta Utara. Tidak diterbitkan.
Hadiana, N. 2018. Kepemimpinan Transpormasional Terhadap Kinerja ASN di lingkungan Pemerintah Bandung Raya. Artikel Jurnal Penelitian Kepemimpinan. Diunduh dari https://www. searchgate.net/ publication/ 333981658.
Mujizatullah. 2018. Kinerja Guru Madrasah di Kota Gorontalo. Artikel Jurnal Penelitian Kinerja Guru. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/294512
Permendiknas. Nomor 16 2007. Standar Kompetensi dan Kualifikasi Guru.
Sanjaya, R. 2016. Kepemimpinan Transformasional yang Paling Baik. Artikel Jurnal Penelitian Kepemimpinan. Diunduh dari https://www. researchgate.net/publication/310597118.
Slameto. 2018. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan beserta Faktor Penentunya. Artikel Jurnal Penelitian Kinerja Guru. Diunduh dari https://www.researchgate.net/ publication/ 322676521
Utar, K.T, Rasto. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran. Artikel Jurnal Manajemen Pendidikan. Diunduh dari file:///C:/Users/User/Downloads/18019-38699-2.
Wibowo, D.H. 2018. Motivasi Berprestasi Dalam Kaitannya Dengan Kinerja Guru. Artikel Penelitian. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/ 315110795
Diterbitkan
2021-08-26
Bagian
Articles