Kontribusi Kepemimpinan Pelayan, Manajemen Kesiswaan, Layanan Bimbingan dan Konseling, dan Konsep Diri Terhadap Budaya Sekolah Pada Siswa
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan besaran kontribusi antara variabel kepemimpinan pelayan, manajemen kesiswaan, layanan bimbingan dan konseling dan konsep diri terhadap budaya sekolah. Penelitian merupakan jenis ex-post facto dengan rancangan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 1.253 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 100 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pola skala likert dari variabel kepemimpinan pelayan, manajemen kesiswaan, layanan bimbingan dan konseling dan konsep diri serta budaya sekolah. Selain itu, metode dokumen, serta metode observasi digunakan sebagai metode pelengkap dalam memperoleh jumlah siswa yang ada di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap budaya sekolah sebesar 0,561% 2) terdapat kontribusi manajemen kesiswaan terhadap budaya sekolah sebesar 3,36%; 3) terdapat kontribusi layanan bimbingan dan konseling terhadap budaya sekolah sebesar 22,44%; 4) terdapat kontribusi konsep diri terhadap budaya sekolah sebesar 24,68%; 5) terdapat kontribusi secara simultan antara kepemimpinan pelayan, manajemen kesiswaan, layanan bimbingan dan konseling, dan konsep diri terhadap budaya sekolah sebesar 51,041%. Penelitian ini berimplikasi pada peran kepala sekolah dalam memimpin sekolah dan keadaan suasana belajar.
Referensi
Agung, A. A. G. 2017. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Focht, Adam dan Michael Ponton. 2015. Identifying Primary Characteristics of Servant Leadership: Delphi Study. International Journal of Leadership Studies, Vol. 9 Iss. 1, 2015.
Hendriana, E. C. dan Jacobus, A. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 1 (2) Page 25 - 29 p-ISSN:
Gay, L.R. 1985. Educational Evaluation and Measurement: Competencies for Analysis and Application. 2nd Ed. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.
O'Reilly, C. A. & Chatman, J. (1986). Organizational commitment and psychological attachment: The effects of compliance, identification , and internalization on prosocial behavior. Journal of Applied Psychology, 71,492-499.
Priyono, 2016."The Influence Of Leadership Styles, Work Environment And Job Satisfaction Of Employee Performance- Studies In The School Of Smpn 10 Surabaya". International Education Studies, Volume 4 No 1, hal 131-140.
Potvin, T. C. (1991). Employee organizational commitment: An examination of its relationship to communication satisfaction and evaluation of questionnaires designed to measure the construct.Unpublished doctoral dissertation: University of Kansas, Lawrence, KS