Studi Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar

  • U. Wijayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • B.R. Werang Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: CIPP, pendidikan karakter, kearifan lokal, evaluasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal  pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian  ex-post facto dengan desain CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar kelas  VII – IX dengan jumlah 346 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 186 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas data skor mentah ditransformasikan ke dalam Z- skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas penguatan pendidikan karakter  berbasis kearifan lokal  pada siswa SMP  Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari proses diperoleh hasil kurang efektif (-), 4) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari produk diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari context, input, proses, dan produk diperoleh hasil efektif (+ + - +).

Referensi

Arikunto, S., & Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi OFFSET.

Faujiah, N., Muwarni, S., & Driana, E. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Daarus Shofwah Bojonggede-Bogor.

Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.17977/ um025v5i12020p275

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Permendikbud . No 20 tahun 2018 tentang Satuan Pendidikan Nasional, (2018). Kemendikbud, T. P. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lelono, R. S. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Smp Islam Matholi’ul Falah Blora Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Oleh. 11(1), 15–26. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/MAP/article/view/6172/4370

Muslich, M. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.

Editor: Dwi Nini Sutini. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017 Tentang penguatan Pendidikan Karakter. Bab 1 Pasal 2, (2017).

Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model How to Evaluate for

Improvement and Accountability. The Guilford Press.

Sulasmiyati. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Menengah. Inovasi Manajemen Pendidikan Dalam Tatanan Kenormalan Baru, 314–327.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. PT.Rajagrafindo Persada.

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles