Studi Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan desain CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar kelas VII – IX dengan jumlah 346 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 186 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas data skor mentah ditransformasikan ke dalam Z- skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari proses diperoleh hasil kurang efektif (-), 4) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari produk diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar yang ditinjau dari context, input, proses, dan produk diperoleh hasil efektif (+ + - +).
Referensi
Arikunto, S., & Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi OFFSET.
Faujiah, N., Muwarni, S., & Driana, E. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Daarus Shofwah Bojonggede-Bogor.
Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.17977/ um025v5i12020p275
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164
Permendikbud . No 20 tahun 2018 tentang Satuan Pendidikan Nasional, (2018). Kemendikbud, T. P. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lelono, R. S. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Smp Islam Matholi’ul Falah Blora Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Oleh. 11(1), 15–26. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/MAP/article/view/6172/4370
Muslich, M. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.
Editor: Dwi Nini Sutini. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017 Tentang penguatan Pendidikan Karakter. Bab 1 Pasal 2, (2017).
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model How to Evaluate for
Improvement and Accountability. The Guilford Press.
Sulasmiyati. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Menengah. Inovasi Manajemen Pendidikan Dalam Tatanan Kenormalan Baru, 314–327.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. PT.Rajagrafindo Persada.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##