Kontribusi Kompensasi, Motivasi, Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Non Sertifikasi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta di Kabupaten Tabanan

  • T.A. Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: kompensasi, motivasi, sarana prasarana, lingkungan kerja, kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi simultan yang signifikan antara kompensasi, motivasi, sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru non sertifikasi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta di Kabupaten Tabanan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru di Madrasah Tsanawiiyah Swasta di Kabupaten Tabanan baik yang berstatus sebagai ASN , Guru Tetap Yayasan ataupun Guru Tidak Tetap (Honorer). Sampling menggunanakan sampling jenuh yaitu 58 guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalis dengan analisis deskriptif, Analisis Regresi Linear Sederhana, dan Analisis Linier Regresi Ganda, serta Uji t dan uji F Level Significance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat kontribusi simultan yang signifikan kompensasi, motivasi, sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru non sertifikasi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta di Kabupaten Tabanan. 66% kinerja guru dipengaruhi oleh kompensasi, motivasi, sarana prasarana dan lingkungan kerja, sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Referensi

Arismunandar, M. F., & Khair, H. (2020). Pengaruh Kompensasi , Analisis Jabatan dan Pola Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. 3(September), 273–282.

Djamarah, S. B. (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Glasman, N. S. (1986). Evaluated-Based Leadership: School Administration in Contemporary Perpective. New York: State University of New York Press.

Hasibuan, & S.P, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Karya, I. W., Suhandana, I. G. A., & Yudana, M. (2018). Konstribusi Kompetensi Guru, Sikap Profesi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sukawati. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Ningrat, & Yudana. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 3(1), 42–52. https://www.neliti.com/id/publications/78494/konsep-sistem-informasi

Undang-undang Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927

Tresnowati, I., & Panggraita, G. N. (2020). Evaluasi Program Pembinaan Senam Artistik Sekolah Dasar Di Kabupaten Pemalang. Jendela Olahraga, 5(2), 98–103. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6055

Wursanto. (2010). Manajemen personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Jakarta : Ghalia Indonesia

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles