Evaluasi Program Layanan Percepatan Profesor dan Lektor Kepala Secara Holistik Integratif di Universitas Pendidikan Ganesha
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui efektivitas program layanan percepatan profesor dan lektor kepala secara holistik integratif di Universitas Pendidikan Ganesha dari komponen context, 2) Untuk mengetahui efektivitas program layanan percepatan profesor dan lektor kepala secara holistik integratif di Universitas Pendidikan Ganesha dari komponen input, 3) Untuk mengetahui efektivitas program layanan percepatan profesor dan lektor kepala secara holistik integratif di Universitas Pendidikan Ganesha dari komponen process, 4) Untuk mengetahui efektivitas program layanan percepatan profesor dan lektor kepala secara holistik integratif di Universitas Pendidikan Ganesha dari komponen product, 5) Untuk mengetahui efektivitas program layanan percepatan profesor dan lektor kepala secara holistik integratif di Universitas Pendidikan Ganesha dari komponen context, input, process, product. Penelitian dilakukan di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan pembagian kuisioner kepada dosen. Adapun langkah-langkah analisis data adalah sebagai berikut : 1) Mengubah skor mentah kedalam skor Z (z-skor), 2) Mengubah skor masing-masing variabel CIPP menjadi T-Skor, 3) Menentukan arah T-Skor variabel Context, Input, Process dan Product, 4) Menentukan arah T-skor ke kuadran Glickman. Hasil yang diperoleh secara keseluruhan terhadap program layanan percepatan profesor dan lektor kepala secara holistik integratif di Universitas Pendidikan Ganesha yang ditinjau dari context, input, process, product memperoleh hasil sangat efektif (+ + + +). Program ini perlu dipertahankan dan dilanjutkan karena terbukti mampu meningkatkan mutu universitas melalui bertambahnya jumlah professor dan lektor kepala di Universitas Pendidikan Ganesha.
Referensi
Agung, Anak Agung Gede. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Anak Agung Gede, and I Wayan Koyan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Dan Angka Kreditnya.
Maftuh, Bunyamin. 2016. Kebijakan Peningkatan Jabatan Akademik Dosen”. Makalah: Disampaikan Pada Seminar Di Jakarta: FEB Universitas Negeri.
Muluk, Khairul, and Amelia Asti. 2019. “Strategi Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Dosen ( Studi Pada Fakultas X Universitas Y ) The Strategy Of Acceleration Improvement Of Lecturer ’ S Academic Ranks ( Study The Faculty Of X , Y University ).” Universitas Brawijaya 1 (11): 47–60. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article /view/195.
Octaviani, Athanasia, and Puspita Dewi. 2019. “Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Digital Ijateng Menggunakan Metode Digiqual.” Jurnal ILmu Perpustakaan 8 (4): 214–27.
RB, Permenpanpan dan. 2013. Permenpanpan Dan RB Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.
Soekemi, Tonni Seto. 2022. “Evaluasi Program Layanan Pertimbangan Teknis Pertanahan Dalam Mendukung Online Single Submission (OSS).” Jurnal Ilmiah Indonesia 7 (4): 1–16.
Stufflebeam, Daniel L. 2000. The CIPP Model For Evaluation. New York: Kluwer Academic Publishers.
Suardana, Putu, I Made Yudana, and A A Gede Agung. 2015. “Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Di Kabupaten Tabanan” 6 (1): 1–11.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sunu, I Gusti Ketut Arya. 2010. “Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Pada SMP/MTs Di Provinsi Bali.” Bandung.
Zelan, Tamrin Danial. 2021. “Evaluasi Program Akselerasi Di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo” 15 (1): 112–28.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##