Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Komitmen Guru dan Partisipasi Orang Tua terhadap Pengembangan Literasi

  • N.W. Pirgianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • B.R. Werang Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: kepemimpinan pelayan, budaya sekolah, komitmen guru, partisipasi orang tua, kemampuan literasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orang tua terhadap pengembangan kemampuan literasi siswa SMP Negeri 6 Nusa Penida. Jenis penelitian ini tergolong ex post facto dengan desain penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi yang berjumlah 83 orang siswa kelas VIII digunakan sebagai sampel (sensus). Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskrptif serta uji regresi. Hasil penelitiannya: ((1) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 24,09%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara budaya sekolah terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 15,96%. (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara komitmen guru terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 21,24% (4) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa dengan determinasi sebesar 42,5% dan sumbangan efektif 11,67%. (5) terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa dengan determinasi sebesar 0,729 dan sumbangan efektif sebesar 72,96%.  Hal tersebut menunjukkan bahwa sebesar 72,96% variabel-variabel bebas tersebut secara simultan berkontribusi terhadap variabel terikat.

Referensi

Aisyah, S. (2019). Kompesasi dan Komitmen Guru. Cetakan Pe. Edited by R. P. Yuda. Kalimantan Barat: PGRI Prov Kalbar.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi OFFSET.

Hewison, & Tizard. (1980). Parental Involvement and Reading Attainment. British Journal of Educational Psychology, 50(1), 209–215.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Muis, Muhammad Ras, J. J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 1(1), 9–25. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/7

Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851

OECD. (2021). 21st-Century Readers: Developing Literacy Skills in a Digital World. PISA. OECD Publishing Paris. https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en.

Prasada, D., Sunarsi, D., & Teriyan, A. (2020). Pengaruh Etos Kerja Dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Pada DHL Logistic Di Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(1), 51. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i1.6787

Rahayu, S. W., & Benyamin, C. (2020). Penerapan Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) Bidang Penguatan Karakter Guru dan Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 29. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p29-35

Risalah, K. (2021). Gerakan Literasi Sekolah. Pskp Kemdikbud. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/Optimalisasi_ GLS_Policy_Brief_2018.pdf

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74

Wolomasi, A. K., Werang, B. R., & Asmaningrum, H. P. (2019). Komitmen Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Semangat dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, October, 13–23. https://doi.org/10.35724/musjpe. v2i1.1572

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles