Pengaruh Project Based e-Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas X
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based E-Learning terhadap keterampilan berpikir kritis, dan prestasi belajar IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test post test non ekuivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 1 Tembuku Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 kelas (259 siswa). Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik group random sampling, 2 kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data prestasi belajar IPAS dikumpulkan dengan tes pilihan ganda diperluas . Analisis data menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur dan dilanjutkan dengan uji LSD. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based e-Learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct e-Learning (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based e-Learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct e-Learning (3) terdapat perbedaan prestasi belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based e-Learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct e-Learning. Model Project Based e-Learning berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan Direct e-Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPAS siswa kelas X SMKN 1 Tembuku.
Referensi
Agung, A. A. G. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, N. M. (2019). Analysis of competence on “tpack”: 21st century teacher professional development. Journal of Physics: Conference Series, 2(1), 1–9. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1387/1/01203 5/meta
Brown-Martin, G. (2017). Education and the fourth industrial revolution. Group Media. https://www.groupemediatfo.org/ wpcontent /uploads /2017/12/final-Education-and-the-Fourth-Industrial-Revolution-1-1-1.pdf
Chaeruman, U. A. (2017). Pedati-model desain sistem pembelajaran blended. panduan merancang mata kuliah daring spada indonesia. Direktorat Pembelajaran, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti.
Danial, M., & Sulastri, T. (2019). Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan metakognisi dengan penguasaan konsep pada beberapa model pembelajaran IPAS. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. https://ojs.unm.ac.id/ semnaslemlit/article/viewFile /8255/4766.
Undang-undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 tahun 2003 (2003).
Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. USA: University of Illionis.
Experenza, P., Isnaini, M., & Irmita, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Pendidikan IPAS, 3(1), 81–93. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index. php/orbital/article/view/3370
Febrianita, N. K. I. (2019). Keefektifan blanded learning berbasis project dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran dasar desain grafis pada siswa smk. Tesis. Tidak diterbitkan. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Ihsan, M. S., Ramdani, A., & Saprizal, H. (2019). PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 84–87. https://jurnalfkip.unram.ac.id/ index.php/JPM/article/view/1238/pdf
Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahasneh, A. M., & Alwan, A. F. (2018). The effect of project-based learning on student teacher self-efficacy and achievement. International Journal of Instruction, 11(3), 511–524. https://eric.ed.gov/?id=EJ1183424
Naidu, S. (2006). E-learning: A guidebook of principles, procedures, and practices (revision editioni, 2006). New delhi: Commonwealth Educational Media Center.
Putra, G. P. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis projek terhadap hasil belajar animasi tiga dimensi ditinjau dari kecerdasan spasial siswa kelas xi smk negeri 1 sukawati. Tesis. Tidak diterbitkan. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Putri, I. N. A., Fadiawatia, N., & Syamsuria, M. M. F. (2019). Using projects-based learning in improving students’ critical thinking skills to recycle waste cooking oil. International Journal of Chemistry Education Research, 3(1), 23–28. https://journal.uii.ac.id/IJCER /article/download/12747/pdf
Rais, M. (2010). Project-Based Learning:Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Jurnal Pendidikan, 5(4), 1–10. https://adoc.pub/download/project-based-learning-inovasi-pembelajaran-yang-berorientas587d0516bbf764be04da611fd1d650f867278. html
Rajan, K. P., Gopanna, A., & Thomas, S. P. (2019). A project based learning (pbl) approach involving pet recycling in chemical engineering education. Recycling, 4(10), 1–16. https://www.mdpi.com/2313-4321/4/1/10
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.
Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. W. W. (2020). Project based learning and academic procrastination of students in learning physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489–508. https://eric.ed.gov/?id=EJ1239269
Sunarjaya, I. P. K. (2019). Pengaruh metode project based learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis teks diskripsi pada siswa kelas vii smp negeri 10 denpasar. Sunarjaya, I P. K.
Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. PBL Research. http://www.bobpearlman.org/ BestPractices/PBL_Research.pdf.
Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Implementation of project-based learning (pjbl) assisted by e-learning through lesson study activities to improve the quality of learning in physics learning planning courses. International Journal of Higher Education, 9(1), 60–68. https://www.googleadservices.com/pagead/aclk?sa=L&ai=DChcSEwil-NzltdD8AhVOKysKHYJOArAYABABGgJzZg&ohost=www.google.com&cid=CAESbeD2uF9M5vx2v88ijK-2rYDLkXu751U0vq_dsKDm18LegzZOBSoYvfYGzP885Y_F5I17leIl whpE1g5YrC_2VikgLO1xgonjn9jW6eLgDZCmOFBfm4n-LAnMYot 2QMgL2sM9QLOLkdX8k9a7Pw&sig=AOD64_2P2wQ5qeoct1LAywsPaReZR1t8oQ&q&adurl&ved=2ahUKEwiC2NXltdD8AhW4cGwGHZzPBNgQ0Qx6BAgIEAE
Wulandari, A. S., N., S. I., & Latria Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa smp pada pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1), 97–108. https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/17222
Yao, J., Sun, H., Tian, Y., & Gu, H. (2019). Project-based learning in chinese middle-school students is more effective than the traditional teaching method: An experimental study. SIEF, 2(2), 115–121. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3388240
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##