Kontribusi Kepemimpinan Pelayan, Etos Kerja, Disiplin Kerja, Kelengkapan Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Guru

  • N.K.S. Yuliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: kepemimpinan pelayan, etos kerja, disiplin kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan pelayan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sawan, 2) mengetahui besaran kontribusi etos kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sawan, 3) mengetahui besaran kontribusi disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sawan, 4) mengetahui besaran kontribusi kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sawan, dan 5) mengetahui besaran kontribusi secara simultan yang signifikan antara kepemimpinan pelayan, etos kerja, disiplin kerja, kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 53 orang. Sampel penelitian penelitian ini berjumlah 46 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner model skala Likert. Metode analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kontribusi kepemimpinan pelayan terhadap kinerja guru sebesar 19,20%, (2) kontribusi etos kerja terhadap kinerja guru sebesar 20,01%, (3) kontribusi disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 17,08%, (4) kontribusi kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru sebesar 34,34%, dan (5) kontribusi kepemimpinan pelayan, etos kerja, disiplin kerja, kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 90,63%.

Referensi

Agung, A. A. G. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Cahya, A. D., Danim, S., & Anwar, S. (2021). Kinerja Mengajar Guru Melalui Kepemimpinan Pelayan dan Budaya Organisasi. Jurnal Manajer Pendidikan, 15(03), 1–9.

Danim, S. (2018). Inovasi Pendidikan, dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Badung : Penerbit Pustaka Setia.

Daryanto, H. (2018). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pemerintah Republik Indonesia.

Focht, A., & Ponton, M. (2019). Identifying Primary Characteristics of Servant Leadership: Delphi Study. International Journal of Leadership Studies, 9(1), 1–12. https://search. proquest.com/openview/e6a4b685f5c081d35049f464cda6073e/1?pqorigsite=gscholar&cbl=18750

Gibson. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat. Erlangga.

Ginting, D. (2016). Etos Kerja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Junaidin, A. (2016). Disiplin kerja Guru. Al-Fikrah Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 45–66. http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/412/2/BAB I.pdf

Kusnan, A. (2014). Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin Kerja Dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi di Garnisun Tetap III Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya.

Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, D. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayan (Konsep dan Aplikasi administrasi, Manajemen, dan Organisasi Modern). Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah: konsep, strategi, & implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sinamo, J. (2019). Etos Kerja Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses. Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Suarjana, I. W. (2018). Kontribusi Kepemimpinan transporsional, kelengkapan prasarana, dan komunikasi terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 2 Denpasar. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/2799

Triyati. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Guru Dan Kemampuan Managajar Terhadap Kinerja Guru SMPN 2 Plaosan Kabupaten Magetan. Jurnal Universitas Negeri Medan, 1(2), 21–30. https://onesearch.id/Author/Home?author=TRIYATI

Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(4), 176–184.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles