Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dan Perannya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Tejakula

  • I.G. Ardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.A. Purnamawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: persepsi, supervisi, mutu pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula;  2) mengetahui tujuan pelaksanaan Supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula; 3) mengetahui peranan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula; 4) mengetahui upaya kepala sekolah dalam menjamin keektifan jalanya Prgram supervisi; dan 5) mengetahui persepsi Guru SMA Negeri 1 Tejakula terhadap pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua tenaga pendidik dan kependidikan SMA Negeri 1 Tejakula. Sampel penelitian ini yaitu kepala Sekolah dan Guru-guru SMA Negeri 1 Tejakula sejumlah 50 orang. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling purpose sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan mempergunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitaian ini yaitu teknik analisis data kualitatif, penelitian kualitatif data diperoleh secara terus menerus (triangulasi) dan dilakukan secara terus menerus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) program pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula, di dahului proses pemantauan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan supervisi setelah supervisi dilaksanakan dilakukan proses evaluasi dan tindak lanjut, 2) program Supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula bertujuan untuk pemantauan/pengawasan, pembinaan dan perbaikan proses pembelajaran, 3) kepala sekolah SMA Negeri 1 Tejakula memegang peranan penting dalam kegiatan supervisi, 4) persepsi guru SMA Negeri 1 Tejakula tentang supervisi yaitu memiliki setidaknya tiga pandangan yaitu supervisi sebagai alat penilaian, supervisi sebagai alat pembinaan dan supervisi sebagai alat refleksi.

Referensi

Cahya, A. D., Danim, S., & Anwar, S. (2021). Kinerja Mengajar Guru Melalui Kepemimpinan Pelayan dan Budaya Organisasi. Jurnal Manajer Pendidikan, 15(03), 1–9. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/19712
Danim, S., & H, K. (2010). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Darusman. (2011). Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fitria, Y. M. (2019). Permasalahan dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Terkait Sumber Daya Guru di Sekolah. UIN MAlang, 4(2). doi:10.31227/osf.io/86trj
Irmawati, I. (2010). Persepsi Guru Terhadap Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Keterkaitannya Dengan Kinerja Guru Smpn 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 38. https://doi.org/10.21009/jmp.01105
Jasmani, A., & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan. ArRuzz Media.
Muwahid, S. (2012). Supervisi Pendidikan. Acima Publishing.
Undang-undang Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Ritonga, J. H. (2019). Hubungan Persepsi Guru Tentang Supervisi Kepala Sekolah Dan Etika Kerja Dengan Kepuasan Kerja Guru Rayon Man 3 Stabat Kabupaten Langkat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Suarniti, Natajaya, I. N., & Agung, A. A. G. (2020). Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 11(2), 159–168. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/3189
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Articles