DARI SEKOLAH GURU KEPANDAIAN PUTRI SAMPAI SMK NEGERI 2 SINGARAJA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejarah dan perkembangan SMK Negeri 2 Singaraja mulai dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) hingga menjadi SMK Negeri 2 Singaraja, (2) Sistem pendidikan yang berkembang di SMK Negeri 2 Singaraja pada kurikulum dari SGKP sampai SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah-langkah (1) Teknik Pengumpulan Sumber yang dilakukan melalui Observasi, Wawancara, Studi Dokumen,(2) Kritik Sumber (Kritik ekstern dan Kritik Intern), (3) Interpretasi (Analisis Data), (4) Hsitoriografi (Penulisan Sejarah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMK Negeri 2 Singaraja merupakan sekolah yang memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Berdirinya cukup strategis. Berdirinya SMK Negeri 2 Singaraja dilatarbelakangi oleh adanya faktor pembangunan. Perkembangan SMK Negeri 2 Singaraja sangat pesat sehingga menjadikannya sekolah mandiri yang awalnya dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) hingga menjadi SMK Negeri 2 Singaraja.
Referensi
A. Lubis, 2013. Pelaksanaan Standar Nasional Dalam Dunia Pendidikan. Yogjakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, 2014. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Muldyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia: Pt. Raja Grafindo Persada.
Sarinah, S. 2015. Pengantar Kurikulum.Yogjakarta:Deepublish
Simanjuntak, Juliper. 2012. Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Jakarta:Pt. Rineka Cipta.
Suparman, 2018. Sejarah pendidikan. Yogjakarta: Penerbit Ombak
Lubis, 2013. Pelaksanaan Standar Nasional Dalam Dunia Pendidikan. Yogjakarta: Rineka Cipta.
Abdul Majid, 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Achmadi, 2014. Metodologi Penelitian. Yogjakarta: Bumi Aksara
Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogjakarta : AR: RUZZ MEDIA Arifin, F. 2020. Pembelajaran Sejarah Pada Masa Kolonialisme Belanda. Diunduh pada Jurnal Pendidikan Sejarah. 9(2), 2580-9180. doi:10.21009/journal. pbio. 092.03
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Asra,S. 2019. Metode Pembelajaran. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.
Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Herman,Y.S dan Yustiana, W.H. 2014. Penilaian Belajar Siswa Disekolah. Yogjakarta: PT. Kanisius