PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun e-modul interaktif yang dikembangkan peneliti dan merumuskan karakteristiknya yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Rancang bangun e-modul terdiri atas tiga bagian. Bagian pembuka terdiri atas halaman sampul dan pendahuluan. Selanjutnya, kegiatan inti yaitu kegiatan belajar terdiri atas pengantar pembelajaran, memahami konsep dengan mencermati video pembelajaran, mensimulasikan konsep menggunakan geogebra, melakukan pemecahan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari, melakukan diskusi menggunakan media padlet, melakukan latihan soal menggunakan quizizz, dan merangkum materi pembelajaran. Pada kegiatan penutup terdiri atas rangkuman dan daftar pustaka. Setelah dilaksanakannya uji coba, diperoleh bahwa e-modul interaktif sangat valid dengan persentase 88%, sangat praktis dengan persentase 83%, dan efektiftivitas tinggi dengan rata-rata skor gain 0,72. Karakteristik e-modul interaktif yaitu e-modul dilengkapi dengan video pembelajaran interaktif, media pembelajaran geogebra sebagai simulasi dinamik, serta diskusi interaktif; bersifat portable sehingga mudah diakses; dan efektif untuk meningkatkan numerasi siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Adhim, M. F., & Arianto, F. (2020). Pengembangan E-Modul Citra Bitmap Untuk Siswa Kelas XI Multimedia Di SMK INFORMATIKA “SUMBER ILMU” TULANGAN. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(21), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/34234
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus Di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173-177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Hake, R.R. (1998). Interactive Engagement V.S Traditional Methods: Six- Thousand Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1),64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf
Sa’dun, A. (2013). Instrumen Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta
Satariyah. (2020). Tantangan Guru Gagap Teknologi Pada Pembelajaran Jarak Jauh.BDK Jakarta Kementrian Agama RI. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/tantangan-guru-gagap-teknologi-pada-pembelajaran-jarak-jauh
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights And Interpretations: OECD Publishing.
Susanto, D. (2021). Inspirasi Pembelajaran Yang Menguatkan Numerasi Pada Materi Pelajaran Matematika Untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi RI. https://repositori.kemdikbud.go.id/22996/1/Book%201%20-%20Modul%20Numerasi%20Matematika%20SMP%20-%2023%20Juli%202021.pdf
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188-199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Dewi, S. Z., & Hilman, I. 2018. Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Primary Education, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100