OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTs MELALUI PEMBELAJARAN BERMAKNA BERBASIS MASALAH

Isi Artikel Utama

S. Rahmawati
Supratman
P. Lestari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran bermakna berbasis masalah yang menggunakan media digital book. Dengan memanfaatkan metode eksperimen Pre-Experimental Designs dengan desain One-Group Pretst-Posttest, penelitian ini menganalisis data dari 25 siswa MTs Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berfikir kritis matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran bermakna berbasis masalah, dengan rata-rata nilai pretes 12,32dan postes 19,32. Uji Paired sample t-test menunjukan nilai Sig.(2-talled) sebesar 1,0559 x 10-15, mengindikasikan bahwa peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Penggunaan digital book dalam pembelajaran bermakna berbasis malah terbukti efektif dengan effect size sebesar 3,11, yang berada pada kriteria strong effect. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa pembelajaran bermakna berbasis masalah dengan media digital book dapat mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis matematis siswa secara signifikan. Saran yang diberikan termasuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran digital dan penerapan model pembelajaran yang serupa di berbagai konteks pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143

Arif, V. R., Afnan, M., Usmiyatun, U., & Lestari, C. Y. (2023). Development of Social Studies Animation Video (S2AV) Teaching Materials on the Material “Plurality of Indonesian Society” for Junior High School Students. Assyfa Learning Journal, 1(1), 01–11. https://doi.org/10.61650/alj.v1i1.2

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni, Z. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi: prigram peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/

Arsyad, Rahmat, Sabu,H., Setyo, A.A., & Payapo,F. (2023). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika:Implementation Of Student Work Sheet (LKS) Through Problem-Based Learning Strategies In Mathematics Courses. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1) 50-57. https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2457

Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, & Rahardjo, S. B. (2020). Review of critical thinking skill in Indonesia: Preparation of the 21st century learner. Journal of Critical Reviews, 7(9), 1230–1235. https://doi.org/10.31838/jcr.07.09.223

Hidayati, H., Sridana, N., Subarinah, S., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII MTs Hadil Ishlah Bilebante Berdasarkan Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 653–659. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.211

Ikasari, D. & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 55–65. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5882

Islami, F. H. (2021, June 21). Kajian Literatur Model Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning). OSFPREPRINTS. https://doi.org/10.31219/osf.io/dm284

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan Digibook Barisan dan Deret Berbasis Anyflip untuk Mengeksplor Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 191–203. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1089

Jaya, M. I., Akmaludin., & Pratama, L. S. (2023). Membentuk Kemandirian Belajar Melalui Pelatihan Penggunaan Canva Dalam Pembuatan E-Book Sebagai Media Pembelajaran PPKN. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 37–45. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.2249

Komara, K., Supratman, S., & Lestari, P. (2023). Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1451–1468. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2227

Loza, S. Ruiz, Herrera, L. M. Medina, Espinosa, J. M. Molina, & Juárez, G. Huesca (2022, June). Facilitating Mathematical Competencies Development for Undergraduate Students During the Pandemic Through ad-hoc Technological Learning Environments. Frontiers in Education, 7(June), 1–12. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.830167

Mutiara, F., Kesumawati, N., & Marhamah, M. (2023). Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Efikasi Diri Pada Siswa MTs Kelas VII. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 100. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9084

Nasiha, W., Afifah, N., & Amir, A. N. (2023). Design of a Website-Based Arabic Typing Application for Students of Arabic Language Education Program at University. Assyfa Learning Journal, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.61650/alj.v1i1.4

Purwati, N. K. R. (2023). Belajar Matematika Sebagai Aktivitas Bermakna. Prosiding SENAMA PGRI, 2, 44-49. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/3033

Putri, L. S., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Koneksi Matematis melalui Penerapan Teori Belajar Bermakna Ausubel pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 52–57. https://jurnal.risetilmiah.ac.id/index.php/jkip/article/view/280

Rosila, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Menjelaskan Dan Menentukan Kesebangunan Dan Kekongruenan Antar Bangun Datar Menggunakan Model Discovery Based Learning Di SMP Negeri 11 Kota Bogor. EDUKHA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 88–100. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7224

Sakinah, Y., & Nasution, E. Y. P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 335. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8059

Sanjaya, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik Terhadap Hasil Belajar. OSFPREPRINTS, (1-6). https://doi.org/10.31219/osf.io/fyu4h

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3), 1–7. https://osf.io/v7g2k/download.

Sovian, Supratman, I., & Puji Lestari. (2023). Pengembangan Digibook Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Mengeksplor Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 99–120. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2852

Suryawan, I. P. P., Sutajaya, I. M, & Sudiarta, I. G. P. (2023). Keterkaitan Entreprenuer dan Pembelajaran Matematika Bermakna: Sebuah Kajian Literature. 17(1), 1858–0629. https://doi.org/10.23887/wms.v17i1.60254

Wihyanti, R. (2022). Pelatihan pembuatan poster, e-book, dan video melalui platform Canva for education bagi guru sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UST Jogja, 305–321. https://doi.org/10.30738/snhppkm.v1i1.633

Yusuf, M. (2018). Inovasi Pendidikan Abad 21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. Selat Media Patners