EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Novick efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi bentuk aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Siborongborong. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bersifat eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siborongborong yang berjumlah 8 kelas. Dalam populasi sampel tersebut, penelitian ini adalah Kelas VII-5 yang berjumlah 30 siswa. Alat yang digunakan adalah observasi dan tes uraian yaitu untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dengan jumlah soal sebanyak 8 soal yang valid dan reliabel. Berdasarkan persentase ketuntasan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah mencapai 86,6 (tuntas). Berdasarkan analisis deskriptif tingkat kesesuaian belajar Novick, terlihat dari tabel observasi aktivitas belajar siswa rata-rata skornya adalah 3,77 (aktif). Oleh karena itu, model pembelajaran Novick efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata kunci: Efektivitas; Model Pembelajaran Novick; Kemampuan Pemecahan Masalah
Rincian Artikel
Referensi
Nanda, S. 2021. Application of The Discovery Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes of Class Xi Mia 1 Babussalam Senior High School Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 4(1), 35-42. https://jprinsip.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpri/article/view/94
Ngudi, W. (2021). ANALISIS MATERI BUKU AJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERBITAN ERLANGGA KELAS VI KURIKULUM 2013 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). https://repository.uinsaizu.ac.id/9590/
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. 2022. Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/328
Nurhayati, I., Yusandika, A. D., Basyar, S., &Anjelinar, Y. 2019. Pengaruh model pembelajaran Novick berbantu ikpd terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 353-362. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4361
Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Pinasti, R., Barokah, R. A., & Rahmah, S. I. (2022, October). Pengembangan Media Papan Baper (Batang Perkalian) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15209
Sebayang, S. K. H., Yetti, M., & Sari, D. E. (2022). Pengaruh Strategi Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas XI SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(2), 103-111. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/681
Siburian, C. G., Pangaribuan, L. R., & Situmorang, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 166-172. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/2731