PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIIPE TALKING STICK BERBANTUAN QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

N.P.N. Yuliandari
I.W. Sumandya
I.G.P.P.P. Putra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talcking Stick berbantuan media visual kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadopsi dari Arikunto 2014. Secara ringkas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan jumlah siswa 38 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data mengenai minat belajar siswa diperoleh dengan menggunakan intrumen yang berbentuk lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan persentase rata-rata minat belajar 14,04% dari 64,45% pada siklus I kriteria kurang baik menjadi 78,49% kriteria baik pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Talcking Stick berbantuan media visual dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agung, A. . (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publising.

Agung, A. . (2018). Evaluasi Pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Undiksha.

Aqib, Z. (2019). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). CV Yrama Widya.

Aqib, Z. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. CV Yrama Widya.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.

Daryanto. (2019). Pembelajaran tematik, terpadu, terintegrasi (kurikulum 2013). Gava Media.

Endang, M. (2018). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamdayama, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Isjoni. (2018). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar.

Komalasari, K. (2019). Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). PT Refika Aditama.

Kunandar. (2020). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Pengembangan Profesi Guru). Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas, & Berlin. (2018). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Untuk Peningkatan Profesionalitas guru). Kata Pena.

Kusumah, Wijaya, & Dwitagama. (2019). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. PT Indeks.

Mahendra, I. W. E., Jayantika, I. G. N. A. T., Sumandya, I. W., Suarni, N. M., Ariawati, N. W., Sugiharni, G. A. D., & Divayana, D. G. H. (2020). Design of digital test using wondershare in supporting the blended learning with kelase platform. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 953–959. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080330

Mahendra, I. W. E., Parmithi, N. N., Suana, I. W., & Sumandya, I. W. (2019). Developing hots through performance assessment. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 3004–3007.

Sumandya, I. W., Suarni, N. M., Mahendra, I. W. E., & Panglipur, I. R. (2020). Developing assessment of vocation-based hots on mathematics subject for x class of vocational school. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 2900–2903.

Sumandya, I.W., Gusti Agung Handayani, I., & Wayan Eka Mahendra, I. (2020). Developing Realistics Mathematics Education (Rme) Based Mathematics Teaching Video to Advance Higher Order Thinking Skills (Hots) in Cognitive Level of Vocational School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012015

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Citrawan, I. W. (2023). The special education teachers’ ability to develop an integrated learning evaluation of Pancasila student profiles based on local wisdom for special needs students in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(2), 527–536. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.2.23

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Citrawan, I. W., Widana, I. N. S., Ibarra, F. P., Quicho, R. F., Santos, M. R. H. M. D., Velasquez-Fajanela, J. V., & Mukminin, A. (2023). The Effect of Teacher’s Responsibility and Understanding of the Local Wisdom Concept on Teacher’s Autonomy in Developing Evaluation of Learning Based on Local Wisdom in Special Needs School. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 152–167. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i10.6189